Viral Kerumunan di Wisma Atlet, Ini Penjelasan Kakesdam Jaya

Kompas.com - 21/05/2020, 15:23 WIB
Petugas medis bersiap di ruang instalasi gawat darurat Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). Presiden Joko Widodo yang telah melakukan peninjauan tempat ini memastikan bahwa rumah sakit darurat ini siap digunakan untuk karantina dan perawatan pasien Covid-19. Wisma Atlet ini memiliki kapasitas 24 ribu orang, sedangkan saat ini sudah disiapkan untuk tiga ribu pasien. ANTARA FOTO/Kompas/Heru Sri Kumoro/Pool/aww.
ANTARA FOTO/HERU SRI KUMOROPetugas medis bersiap di ruang instalasi gawat darurat Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). Presiden Joko Widodo yang telah melakukan peninjauan tempat ini memastikan bahwa rumah sakit darurat ini siap digunakan untuk karantina dan perawatan pasien Covid-19. Wisma Atlet ini memiliki kapasitas 24 ribu orang, sedangkan saat ini sudah disiapkan untuk tiga ribu pasien. ANTARA FOTO/Kompas/Heru Sri Kumoro/Pool/aww.
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kakesdam Jaya Kolonel CKM Donny Guntur mengakui adanya kerumunan di Wisma Atlet Pademangan, Jakarta. 

Guntur membantah kerumunan tersebut terjadi di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta. 

Donny merespons keluhan yang viral di media sosial yang menggambarkan adanya kerumunan dan tak adanya physical distancing di Wisma Atlet.

Donny mengatakan kerumunan orang tanpa menjaga jarak fisik itu berlangsung di Tower 9 Wisma Atlet Pademangan, bukan di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran.

Baca juga: RS Darurat Wisma Atlet Tangani 1.049 Pasien Positif Covid-19

Ia memastikan situasi di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran selalu terkendali dan menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam menghadapi pandemi virus corona.

"Yang ramai itu wisma atlet tapi di Pademangan blok C2. Jadi blok C2 itu memang bukan rumah sakit darurat tapi tempat karantina orang dan WNI dari repatriasi masuk sini dikumpulkan di situ," ujar Donny di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Jakarta, Kamis (21/5/2020).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia menambahkan Wisma Atlet Pademangan baru dibuka untuk menampung para WNI yang baru kembali dari luar negeri sehingga fasilitasnya masih minim.

Kendati demikian fasilitas penunjang nantinya dilengkapi di Wisma Atlet Pademangan seiring berjalannya waktu.

"Masih pertama kali dibuka tentu banyak hal yang harus dibenahi, seperti itu," lanjut Donny.

Baca juga: Tower 6 Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Segera Dibuka

Sebelumnya muncul unggahan media sosial yang viral dari seorang WNI yang baru kembali dari luar negeri.

Ia bersama keluarganya dikarantina di Wisma Atlet. Saat menjalani karantina, ia mengunggah foto Wisma Atlet yang ramai dan para penghuni tak menjaga jarak fisik satu sama lain.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X