Segudang Prestasi Mantan KSAU Marsekal Yuyu Sutisna di Ujung Karier Kemiliterannya

Kompas.com - 20/05/2020, 11:40 WIB
Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna menggelar telekonferensi bersama AU dari 20 negara di Asia Pasifik daei Gedung Raden Suryadi Suryadarma, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (30/4/2020). TNI AUKepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna menggelar telekonferensi bersama AU dari 20 negara di Asia Pasifik daei Gedung Raden Suryadi Suryadarma, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (30/4/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Staf Angkatan Udara ( KSAU) ke-22 Marsekal TNI Yuyu Sutisna menyimpan segudang prestasi gemilang di penghujung karier kemiliterannya sebelum pensiun pada Juni 2020.

Yuyu sendiri sudah turun dari jabatannya dan digantikan oleh Marsekal Madya Fadjar Prasetyo. Fadjar dilantik di Istana Negara, Jakarta, hari ini, Rabu (20/5/2020) pukul 09.35 WIB.

Sejak memimpin TNI AU pada 17 Januari 2018, Yuyu berhasil mengukir berbagai prestasi. Salah satunya, catatan zero accident selama bertugas.

Yuyu sukses mencetak zero accident eskalasi kuantitas dan kualitas operasi, serta latihan TNI AU yang terus bertambah.

Baca juga: Jabat KSAU, Marsekal Yuyu Percepat Pengadaan Alutsista yang Tertunda

Selain itu, Yuyu juga berhasil membawa TNI AU meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK atas laporan pertanggungjawaban keuangan pada tahun anggaran 2018.

"Dari hal ini pula, kesejahteraan prajurit dapat ditingkatkan dengan adanya kenaikan tunjangan kinerja hingga 70 persen pada tahun 2019," ujar Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI AU Marsma TNI Fajar Adriyanto dalam keterangan tertulis, Rabu (20/5/2020).

Pada bidang perencanaan dan anggaran, Yuyu juga sukses menurunkan escrow account secara signifikan pada tahun anggaran 2019.

Penurunan itu sebesar Rp 436 miliar yang semula Rp 1,215 Triliun pada tahun anggaran 2018 menjadi Rp 779 miliar pada tahun anggaran 2019.

Baca juga: Marsekal Fadjar Prasetyo, Pemimpin Berbagai Operasi TNI AU yang Kini Menjabat KSAU

Keberhasilan tersebut sekaligus menunjukan Yuyu nampak tangkas dalam menyiapkan perencanaan anggaran.

Kemudian pada pelaksanaan Operasi Militer Selain Perang (OMSP), Yuyus juga membawa TNI AU berhasil menunjukkan kontribusinya bagi bangsa Indonesia dalam menghadap operasi bencana alam.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X