Kasus Covid-19 Masih Tinggi, Menag Kembali Ajak Masyarakat Shalat Idul Fitri di Rumah

Kompas.com - 19/05/2020, 22:08 WIB
Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi (tengah) didampingi jajarannya, mengikuti Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi VIII DPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (28/11/2019). Raker tersebut membahas pendahuluan dan pembentukan panitia kerja (Panja) Biaya Penyelenggara Ibadah Haji (BPIH) 1441 H/Tahun 2020.  ANTARA FOTO/Reno Esnir/ama. RENO ESNIRMenteri Agama (Menag) Fachrul Razi (tengah) didampingi jajarannya, mengikuti Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi VIII DPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (28/11/2019). Raker tersebut membahas pendahuluan dan pembentukan panitia kerja (Panja) Biaya Penyelenggara Ibadah Haji (BPIH) 1441 H/Tahun 2020. ANTARA FOTO/Reno Esnir/ama.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Agama Fachrul Razi kembali mengajak umat Islam untuk menggelar shalat Idul Fitri di rumah.

Ajakan ini disampaikan lagi lantaran tren penularan Covid-19 di Indonesia masih cukup tinggi.

Bahkan, menurut Fachrul, potensi penularan bisa melonjak jika masyarakat tidak disiplin dalam menaati pembatasan kegiatan di fasilitas umum.

Termasuk kegiatan keagamaan yang mengumpulkan banyak orang.

Baca juga: Pemkot Bekasi Terapkan Pengawasan untuk Masjid yang Diizinkan Gelar Shalat Idul Fitri

"Saya menyeru dan mengajak, mari taati ketentuan Undang-undang Nomor 6 tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan. Patuhi juga pembatasan sosial berskala besar atau PSBB," kata Fachrul melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (19/5/2020) malam.

"Mari shalat Idul Fitri di rumah saja bersama keluarga inti," lanjutnya.

Fachrul melanjutkan, pihaknya bakal menggelar sidang isbat awal Syawal 1441 Hijriah pada 22 Mei mendatang.

Isbat digelar untuk menetapkan kapan umat Islam di Indonesia berlebaran.

Baca juga: Gubernur NTB Imbau Shalat Idul Fitri di Rumah dan Tutup Mal

Sebagaimana Ramadhan, Fachrul memperkirakan suasana Idul Fitri tahun ini akan berbeda dibanding tahun sebelumnya.

Sebab, saat ini Indonesia masih dalam masa pandemi Covid-19.

"Tetap jaga jarak, hindari kerumunan. Takbiran dan shalat Idul Fitri di rumah. Silaturahim melalui media sosial," pesannya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X