Covid-19 Mewabah, MUI Imbau Masyarakat Segera Bayar Zakat Fitrah

Kompas.com - 18/05/2020, 20:22 WIB
Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Asrorun Niam Sholeh. Dok. BNPBSekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Asrorun Niam Sholeh.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia ( MUI) Asrorun Ni'am Sholeh mengimbau masyarakat segera menunaikan pembayaran zakat fitrah sebelum Idul Fitri.

Menurut dia, hal ini penting dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19.

" Zakat bertujuan menyucikan jiwa orang yang berpuasa dan memberi makan fakir miskin. Waktu menunaikannya juga fleksibel yakni sejak awal Ramadhan hingga menjelang shalat Idul Fitri," ujar Asrorun dalam konferensi pers di Graha BNPB, Senin (18/5/2020).

"Untuk kepentingan itulah, kami imbau kepada masyarakat Muslim untuk segera menunaikan zakat fitrah tanpa harus menanti Idul Fitri tiba," ujar Asrorun dalam konferensi pers di Graha BNPB, Senin sore.

Baca juga: Cegah Covid-19, MUI Minta Bacaan dan Khotbah Shalat Idul Fitri DIpersingkat

Membayar zakat fitrah pada awal waktu memberikan dua manfaat untuk masyarakat.

Pertama, kata Asrorun, zakat fitrah segera bisa disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Kedua, agar tak terjadi penumpukan orang dan barang di satu waktu sehingga potensial terjadi penularan Covid-19," ucap Asrorun. 

Baca juga: Sekilas tentang Zakat Fitrah dan Orang yang Berhak Menerimanya

Berkaitan dengan pencegahan penularan, Asrorun pun mengimbau kepada panitia untuk memfasilitasi pembayaran zakat fitrah secara digital.

"Juga agar meminimalisasi interaksi secara fisik. Pembayaran zakat tidak harus bertemu secara fisik," kata dia. 



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X