KPK Limpahkan Berkas Perkara Bupati Nonaktif Sidoarjo Saiful Ilah ke Pengadilan

Kompas.com - 18/05/2020, 17:25 WIB
Bupati Sidoarjo Saiful Ilah memberi keterangan kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK , Jumat (10/1/2020). KOMPAS.com/Ardito Ramadhan DBupati Sidoarjo Saiful Ilah memberi keterangan kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK , Jumat (10/1/2020).
|
Editor Bayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com- Bupati nonaktif Sidoarjo Saiful Ilah akan segera disidang sebagai terdakwa kasus dugaan suap terkait proyek Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Sumber Daya Air Kabupaten Sidoarjo di Pengadilan Negeri Tipikor Surabaya.

Pada Senin (18/5/2020) hari ini, Jaksa Penuntut Umum KPK telah melimpahkan berkas perkara Saiful dan tiga terdakwa lainnya ke PN Tipikor Surabaya.

"Selanjutnya JPU akan menunggu penetapan hari sidang dan penetapan penahanan dari Majelis Hakim PN Tipikor Surabaya," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Senin.

Baca juga: Bupati Sidoarjo Mengaku Setujui Pengusaha Beri Uang ke Klub Deltras

Tiga terdakwa lain yang berkas perkaranya dilimpahkan adalah Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Sumber Daya Air (Dinas PU dan BMSDA) Kabupaten Sidoarjo Sunarti Setyaningsih.

Kemudian, Pejabat Pembuat Komitmen pada Dinas PU dan BMSDA Kabupaten Sidoarjo Judi Tetrahastoto serta Kepala Bagian Unit Layanan Pengadaan Sanadjihitu Sangadji.

Dengan pelimpahan ini, tempat penahanan Saiful dkk juga dipindah.

Saiful dititipkan di Rutan Polda Jawa Timur. Sedangkan, Sunarti, Judi, dan Sanadjihitu dititipkan di Rutan Kejati Surabaya.

Baca juga: Bupati Sidoarjo Saiful Ilah Ditahan di Rutan KPK

Seperti diketahui, Saiful dan tiga tersangka itu ditetapkan sebagai tersangka penerima suap usai terjaring operasi tangkap tangan pada Selasa (7/1/2020) lalu.

Saiful diduga menerima suap senilai Rp 550 juta dari pihak swasta bernama Ibnu Ghopur dan Totok Sumedi.

Ibnu dan Totok menyerahkan uang tersebut setelah perusahaannya memenangkan sejumlah proyek infrastruktur di Kabupaten Sidoarjo.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X