Kompas.com - 18/05/2020, 07:44 WIB
Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Bulog Tri Wahyudi Saleh Dok. BNPBDirektur Operasional dan Pelayanan Publik Bulog Tri Wahyudi Saleh

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog Tri Wahyudi Saleh mengatakan, pihaknya terus berupaya mengamankan stok beras hingga akhir tahun 2020.

Menurut Wahyu, saat ini, sebaran stok beras dalam kondisi aman.

"Insya Allah kami akan akan memasuki panen berikutnya nanti di bulan Agustus-September, sehingga kami yakinkan sampai akhir Desember kami akan tetap mempertahankan stok beras yang ada," ujar Wahyu sebagaimana dikutip dari keterangan pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Minggu (17/5/2020).

Baca juga: Bulog Jamin Stok Beras Jelang Idul Fitri Aman dan Tercukupi

Wahyu menyebut, pemerintah telah meminta Bulog agar tetap mempertahankan stok cadangan beras sekitar 1 sampai 1,5 juta ton untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama pandemi Covid-19.

"Itu yang sedang kami laksanakan, sehingga kami tetap mempertahankan untuk penyerapan gabah dan beras, di mana saat ini Bulog masih melakukan penyerapan kurang lebih hampir 15.000 ton per hari, " ujar Wahyu

"Itu kami pertahankan, dan mudah-mudahan puncaknya nanti di Juni kita bisa menyerap sekitar 25 hari," lanjut dia.

Menurut data sementara, saat ini Bulog memiliki 1,4 juta ton stok beras yang disimpan di gudang di seluruh Indonesia.

Baca juga: BPS Jelaskan soal Stok Beras

Lokasinya tersebar di sebagian besar wilayah di Pulau Jawa, yakni Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Banten.

"Lokasi dari gudang tersebut juga lebih mendekati pintu distribusi kapal yang utama sehingga pelaksanaan distribusi atau penyebarannya aman," lanjut Wahyu.

Selain itu, melalui mekanismenya, Bulog juga memiliki minimum stock requirment.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X