95 WNI Repatriasi Mandiri dari Manila, Sebagian Jemaah Tablig

Kompas.com - 15/05/2020, 10:25 WIB
Ilustrasi pesawat ShutterstockIlustrasi pesawat

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak kurang dari 95 warga negara Indonesia ( WNI) melakukan repatrasi mandiri dari Manila menuju Jakarta, Kamis (14/5/2020). Sebagian dari WNI yang repatriasi merupakan jemaah tablig.

Berdasarkan keterangan dari KBRI Manila, repatriasi dilakukan dengan menggunakan pesawat charter Air Asia pukul 14.25 waktu setempat.

"Repatriasi WNI ini dilakukan secara mandiri oleh WNI terdampak kebijakan enhance community quarantine (ECQ) atau karantina wilayah, yang ingin kembali ke Indonesia, namun terkendala ketersediaan penerbangan reguler dari Manila ke Jakarta," tulis keterangan tersebut.

Baca juga: Lawan Virus Corona, Filipina Tutup Ibu Kota Manila

Keberangkatan mereka menuju bandara dilakukan langsung oleh Dubes RI untuk Manila, Sinyo Sarundajang.

Dari total 95 orang yang kembali ke Tanah Air, 32 orang di antaranya merupakan jemaah tablig.

"Selain itu, juga terdapat 21 siswa sekolah pilot di Marinduque, yang sehari sebelumnya diupayakan ketibaannya dari Pulau Marinduque. Selebihnya merupakan WNI yang menetap di Filipina, namun karena alasan mendesak harus kembali ke Indonesia," imbuh keterangan tersebut.

Sebelum terbang, seluruh penumpang telah dipastikan dalam keadaan sehat.

Baca juga: Kasus Covid-19 Capai 10.000, Filipina Akan Lakukan Uji Coba Obat Avigan

 

Hal itu dibuktikan dengan adanya surat keterangan sehat dari otoritas kesehatan setempat.

Untuk diketahui, pesawat Air Asia yang digunakan untuk penerbangan, sebelumnya digunakan untuk memulangkan 22 warga negara Filipina dari Indonesia.

Hal itu terjadi sebagai bentuk kerjasama KBRI Manila dengan Kedubes Filipina di Jakarta untuk perlindungan warga negara masing-masing di masa epidemik Covid-19.

"Fasilitasi KBRI Manila terhadap repatriasi mandiri ini merupakan wujud upaya pemerintah dalam memberikan perlindungan maksimal terhadap WNI di luar negeri," tutup keterangan itu.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X