RUU Penanggulangan Bencana dan RUU Haluan Ideologi Pancasila Jadi RUU Inisiatif DPR

Kompas.com - 12/05/2020, 18:20 WIB
Suasana gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (22/5/2009). KOMPAS/PRIYOMBODOSuasana gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (22/5/2009).

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menetapkan Revisi Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana sebagai RUU inisiatif DPR.

Seperti diketahui, draf RUU tentang Penanggulangan Bencana disusun Komisi VIII DPR.

Penetapan RUU tersebut dilakukan dalam rapat paripurna ke-15 DPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (12/5/2020).

Ketua DPR Puan Maharani selaku pemimpin rapat, meminta pandangan fraksi disampaikan secara tertulis.

"Apakah pendapat fraksi-fraksi atas usulan inisiatif Komisi VIII terhadap RUU perubahan atas Undang-Undang Nomor 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, dapat disetujui jadi usulan DPR RI?," tanya Puan

"Setuju," jawab seluruh anggota DPR yang hadir.

Baca juga: ICW Minta RUU Minerba Tak Disahkan, Duga Ada Korupsi Pembajakan Negara

Kemudian, Puan juga menayangkan, pandangan fraksi-fraksi terkait Rancangan Undang-Undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila (HIP) menjadi usulan inisiatif DPR.

"Kini saya menanyakan, apakah pendapat fraksi-fraksi atas usulan inisiatif Baleg terhadap RUU tentang Haluan Ideologi Pancasila, dapat disetujui jadi usulan DPR RI?," tanya Puan.

"Setuju," jawab seluruh anggota DPR yang hadir.

Lebih lanjut, Puan mengatakan, dua RUU yang telah disepakati tersebut akan ditindaklanjuti atau dibahas sesuai mekanisme yang ada.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X