Menlu: Kepulangan WNI dari Luar Negeri Melibatkan Pemerintah Daerah

Kompas.com - 11/05/2020, 21:03 WIB
Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi saat memberikan keterangan di Kantor Kemlu, Jakarta, Kamis (9/4/2020). Kemlu RIMenteri Luar Negeri Retno LP Marsudi saat memberikan keterangan di Kantor Kemlu, Jakarta, Kamis (9/4/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan bahwa penanganan pemulangan warga negara Indonesia ( WNI) dari luar negeri akan melibatkan pemerintah daerah.

Sesuai arahan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, maka setiap pemerintah daerah perlu mempersiapkan diri agar dapat menerima warganya kembali.

"Penanganan kepulangan WNI dari luar negeri akan melibatkan daerah," ujar Retno dalam konferensi pers di BNPB, Senin (11/5/2020).

Baca juga: Menlu: 734 WNI Terpapar Covid-19 di 33 Negara

Oleh karena itu, pemerintah daerah perlu disiapkan untuk menerima mereka kembali ke daerah masing-masing," lanjut dia.

Dalam pelaksanaannya, koordinasi dan kerja sama antar daerah, serta daerah dengan pemerintah pusat menjadi kunci.

Pasalnya, kedatangan WNI dari luar negeri di tengah pandemi Covid-19 ini sangat rentan dapat membentuk klaster baru penyebaran penyakit tersebut di Tanah Air.

Baca juga: WNI yang Pulang dari Luar Negeri Dikhawatirkan Bentuk Klaster Baru Covid-19

Apalagi, jumlah WNI yang kembali pun tidak sedikit.

Dari data Kementerian Luar Negeri, kata dia, per 10 Mei 2020 terdapat 72.966 orang WNI yang kembali dari Malaysia.

Mereka kembali melalui jalur laut sebesar 65 persen atau 47.674 orang, melalui jalur darat sebesar 20 persen atau 14.681 orang, dan melalui udara 15 persen atau 10.611 orang.

"Pemerintah Malaysia telah memperpanjang berlakunya Movement Control Order (MCO) dalam bentuk conditional MCO yang semula akan berakhir 12 Mei diperpanjang sampai 9 Juni 2020," kata Menlu Retno Marsudi.

Baca juga: 164 WNI di Kuwait Dipulangkan, 79 di Antaranya Overstayer

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X