Jokowi: Pemerintah Harus Siap Diawasi dan Dikontrol oleh Masyarakat

Kompas.com - 06/05/2020, 12:20 WIB
Presiden Joko Widodo tiba untuk melantik Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Manahan Sitompul di Istana Negara, Jakarta, Kamis (30/4/2020). Manahan Sitompul kembali dilantik sebagai Hakim MK masa jabatan 2020-2025 setelah masa jabatannya sebagai Hakim MK pada periode sebelumnya habis pada 28 April 2020 lalu. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/POOL/nz ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWANPresiden Joko Widodo tiba untuk melantik Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Manahan Sitompul di Istana Negara, Jakarta, Kamis (30/4/2020). Manahan Sitompul kembali dilantik sebagai Hakim MK masa jabatan 2020-2025 setelah masa jabatannya sebagai Hakim MK pada periode sebelumnya habis pada 28 April 2020 lalu. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/POOL/nz

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meminta seluruh kementerian dan lembaga harus siap untuk diawasi, tidak hanya oleh DPR dan lembaga pengawas lainnya, tetapi juga oleh masyarakat.

Ia menyadari, di saat darurat seperti sekarang banyak kebijakan yang harus cepat diputuskan. Namun bukan berarti hal itu akan lepas dari sorotan publik.

"Dalam mencapai tujuan itu, pemerintah harus bergerak cepat. Karena betul-betul situasinya bersifat extraordinary dan memerlukan kecepatan dan ketepatan," ujar Jokowi saat membuka sidang kabinet melalui video conference, Rabu (6/5/2020).

Baca juga: Presiden Jokowi: Pertumbuhan Ekonomi 2,97 Persen Relatif Masih Baik

"Tapi dalam menjalankan tugas ini, pemerintah dan kita semua harus siap diawasi dan dikontrol. Bukan hanya oleh lembaga negara seperti DPR dan BPK, tetapi juga oleh seluruh masyarakat," lanjut Presiden.

Karenanya, ia menginstruksikan kepada seluruh kementerian dan lembaga untuk mengedepankan prinsip good governance dalam bekerja di masa tanggap darurat ini.

Jokowi meminta seluruh kementerian dan lembaga mengedepankan prinsip akuntabilitas sehingga dengan mudah mempertanggungjawabkan setiap kebijakan yang diambil di masa pandemi ini.

Baca juga: Jokowi: Mei, Kurva Pasien Covid-19 Harus Sudah Menurun, Apapun Caranya

"Semua jajaran pemerintahan harus betul-betul berpegang pada prinsip good governance, memegang teguh transparansi, memegang akuntabilitas. Tujuan kita hanya satu, keselamatan seluruh rakyat baik di bidang kesehatan maupun sosial ekonomi," lanjut dia.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X