Tanggulangi Covid-19, Prabowo Bentuk Komponen Pertahanan Negara Bidang Kesehatan

Kompas.com - 04/05/2020, 16:12 WIB
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto membentuk Komponen pendukung (Komduk) Pertahanan Negara Bidang Kesehatan untuk percepatan dan penanganan Covid-19. Kementerian Pertahanan Republik IndonesiaMenteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto membentuk Komponen pendukung (Komduk) Pertahanan Negara Bidang Kesehatan untuk percepatan dan penanganan Covid-19.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto membentuk sekaligus melepas 293 relawan yang tergabung dalam Komponen pendukung (Komduk) Pertahanan Negara Bidang Kesehatan untuk percepatan dan penanganan Covid-19.

"Relawan komduk tersebut akan ditugaskan di RS Dr Suyoto Pusrehab, Kementerian Pertahanan," ujar Juru Bicara Menteri Pertahanan Dahnil Anzar Simanjuntak dalam keterangan tertulis, Senin (4/5/2020).

Dahnil menjelaskan, kehadiran relawan tersebut merupakan salah satu dukungan Kementerian Pertahanan (Kemhan) terhadap Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Baca juga: Terima 5.000 Alat Rapid Test dari Prabowo, Wali Kota Bekasi: Ini Penyemangat Kami

Dahnil mengklaim animo dan antusiasme masyarakat untuk menjadi relawan komduk tersebut sangat tinggi.

Hingga penutupan pendaftaran pada 19 April 2020, sebanyak 1.768 orang mendaftar lewat online dan 300 orang melalui aplikasi WhatsApp.

"Namun hanya 293 calon relawan yang terpilih," katanya.

Dahnil menjelaskan para relawan tersebut tersebut telah menjalani serangkaian test kesehatan yang meliputi Covid-19 rapid test, medical check-up, dan kredensialing oleh Komite Medik terkait.

Adapun bidang keahlian para relawan tersebut terdiri dari dokter, bidan, perawat, kesehatan masyarakat, nutrisi, analis kesehatan, radiografi, farmasi, dan apoteker.

Baca juga: Saat Menhan Prabowo Serahkan 5.000 Alat Rapid Test untuk Kota Bekasi

Para relawan Komduk Pertahanan Negara Bidang Kesehatan ini juga mendapat bimbingan teknis dan materi bela negara.

Menurutnya, Prabowo juga mengucapkan terima kasih atas kesukarelawanan dan semangat bela negara yang ditunjukkan para anggota komduk tersebut.

"Menhan mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas dedikasi, loyalitas dan kerelaan para anak bangsa tersebut," katanya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X