Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Anggota Komisi IX DPR Minta Wacana Relaksasi PSBB Dikaji Matang

Kompas.com - 04/05/2020, 10:45 WIB
Inadha Rahma Nidya,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Saat ini pemerintah sedang mengkaji relaksasi penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal tersebut dimaksudkan agar masyarakat tidak merasa stres dan terkekang.

Menanggapi hal tersebut, Anggota Komisi IX DPR RI Muchamad Nabil Haroen, meminta pemerintah mengkaji relaksasi PSSB secara matang. Pasalnya, pemerintah harus tetap menjaga nyawa, keamanan, dan kesejahteraan masyarakat.

“PSBB memang memperlambat perekonomian. Ini yang harus dikaji, bagaimana mengelola ketahanan pangan, pendapatan warga, sekaligus penanganan medis,” kata Nabil, seperti dalam keterangan tertulisnya.

Nabil menambahkan, jika PSBB akhirnya tetap diberlakukan, harus ada peraturan ketat terkait penggunaan masker, physical distancing, dan social distancing.

Baca juga: Penerapan PSBB secara Maksimal Dinilai Efektif Tekan Penyebaran Covid-19

“Warga harus diberitahu kita berada dalam kehidupan dengan pola baru, dengan mengutamakan kesehatan,” kata Nabil.

Nabil pun berpesan, masyarakat jangan terprovokasi teori konspirasi coronavirus disease 2019 (Covid-19) yang saat ini banyak beredar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com