Masyarakat Terdampak Covid-19 Bisa Konsultasi dan Konseling Gratis ke FIK UI

Kompas.com - 23/04/2020, 17:21 WIB
Ilustrasi Covid-19 ShutterstockIlustrasi Covid-19

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat yang terdampak Covid-19 bisa mendapatkan konsultasi dan konseling gratis dari Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI).

FIK UI membentuk Pusat Krisis Covid-19 dalam rangka mengedukasi masyarakat dan tenaga kesehatan selama pandemi Covid-19 dan menerima konsultasi mereka.

Masyarakat  bisa mendaftarkan diri melalui Hotline Pusat Krisis Covid-19 FIK UI di nomor Whatsapp 081383115786.

"Seluruh konsultasi dan konseling gratis," kata Dekan FIK UI Agus Setiawan, dikutip dari siaran pers, Kamis (23/4/2020).

Baca juga: Lansia Rentan Covid-19, FIK UI Edukasi Online hingga Bagikan APD dan Disinfektan ke Panti Werdha

Dukungan mental juga diberikan kepada masyarakat melalui layanan tersebut agar mereka tidak stress.

Agus Setiawan mengatakan, pihaknya menyediakan tim khusus untuk mengedukasi dan memberikan konsultasi kepada masyarakat dalam pusat krisis tersebut.

"Kami menyediakan tim khusus untuk mengedukasi masyarakat tentang penularan, pencegahan, dan tanda gejala Covid-19 hingga tentang kesehatan mental masyarakat selama pandemi," kata Agus.

Edukasi masyarakat tersebut, kata dia, dilakukan secara online melalui media sosial berupa infografis dan video.

Baca juga: Unpad Buka Konsultasi Psikologi Online Gratis bagi Warga yang Gelisah Akibat Corona

Termasuk juga kegiatan konsultasi dan konseling yang dilakukan online.

Adapun konsultasi masyarakat yang diterima meliputi keluhan fisik, panduan perawatan di rumah, panduan isolasi mandiri, hingga layanan konsultasi kesehatan jiwa masyarakat, dan tenaga kesehatan.

Para petugas yang melayani konsultasi dan konseling dilakukan oleh para dosen FIK UI dan konselor perawat yang memiliki keahlian dalam memberikan konsultasi.

Selain mengedukasi dan memberikan layanan konsultasi serta konseling, Pusat Krisis Covid-19 FIK UI juga merekrut dan memberikan pembekalan bagi para relawan.

Baik para relawan tenaga kesehatan maupun umum untuk membantu rumah sakit rujukan dan rumah sakit darurat Wisma Atlet.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X