Menlu Retno: Vaksin Covid-19 Harus Dapat Diakses Negara Berkembang

Kompas.com - 19/04/2020, 08:39 WIB
Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi saat memberikan keterangan di Kantor Kemlu, Jakarta, Kamis (9/4/2020). Kemlu RIMenteri Luar Negeri Retno LP Marsudi saat memberikan keterangan di Kantor Kemlu, Jakarta, Kamis (9/4/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi berharap, kerja sama internasional yang terus dilakukan untuk menemukan vaksin virus corona harus bermanfaat untuk seluruh negara.

Retno mengatakan, bila nantinya vaksin telah ditemukan, seluruh negara dengan beragam kekuatan ekonomi harus dapat mengakses vaksin tersebut.

Baca juga: Menlu Harap KTT ASEAN dan KTT APT Temukan Rumus untuk Hadapi Covid-19

"Kerja sama internasional harus dapat memfasilitasi tercapainya ketersediaan vaksin Covid-19 yang efektif, terjangkau, dan dapat diakses negara berkembang," kata Retno dalam telekonferensi dengan sebelas menteri luar negeri yang tergabung dalam International Coordination Group on Covid-19 (ICGC), Jumat (17/4/2020).

Retno menegaskan, kerjasama negara-negara yang tergabung dalam ICGC harus menjunjung prinsip action oriented dan membawa manfaat nyata bagi masyarakat umum ke depan.

Hal tersebut juga harus tertuang di dalam deklarasi yang nantinya akan dihasilkan bersama dalam waktu dekat ini.

Baca juga: Studi Harvard: Tanpa Vaksin dan Obat, Social Distancing Bisa Diberlakukan Sampai 2022

"Kerja sama kita harus action oriented dan dapat memenuhi harapan masyarakat umum di seluruh dunia," ucapnya.

Retno menambahkan, political declaration yang tengah disusun oleh negara-negara anggota telah mengidentifikasi sejumlah area bagi kerja sama yang lebih konkret.

Kerja sama itu antara lain menjaga konektivitas global, terus memfasilitasi pergerakan manusia dan barang termasuk repatriasi pelancong serta upaya pemulihan ekonomi global pasca-pandemik.

Selain Indonesia, ada 11 negara yang tergabung dalam ICGC.

Kesebelas negara tersebut yakni, Brazil, Inggris, Italia, Jerman, Korea Selatan, Maroko, Perancis, Peru, Singapura, Turki, dan Kanada.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X