Waspada, Ada Pasien Positif Covid-19 Tanpa Gejala di Tengah Masyarakat

Kompas.com - 14/04/2020, 18:27 WIB
Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto dalam konferensi pers di Graha BNPB pada Kamis (9/4/2020). DOKUMENTASI BNPBJuru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto dalam konferensi pers di Graha BNPB pada Kamis (9/4/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto mengatakan, ada dua faktor penyebab penyebaran virus corona ( Covid-19) di masyarakat.

Salah satu faktor penyebarannya, yakni masih adanya sumber penularan Covid-19 tanpa gejala di tengah masyarakat.

"Yang harus kita perhatikan, pertama masih ada kasus positif tanpa gejala, tanpa keluhan yang masih berada di tengah-tengah masyarakat. Ini menjadi sumber penularan," kata Yuri saat konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (14/4/2020).

Baca juga: Pemerintah Sebut Penularan Covid-19 Terbanyak dari Orang Tanpa Gejala

Faktor lainnya, lanjut Yuri, masyarakat rentan banyak yang tidak mematuhi aturan untuk tetap berada di rumah.

Kemudian, melanggar aturan menggunakan masker saat keluar rumah serta tidak rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

"Oleh karena itu, kembali lagi kami mengimbau, patuhi dan disiplin patuh dan disiplin cuci tangan pakai sabun dan air yang mengalir," ujar Yuri.

Baca juga: Mengenal Kategori Orang Tanpa Gejala Seputar Virus Corona

Terkait masker, Yuri mengingatkan bahwa masker kain bisa digunakan sebagai bentuk antisipasi Covid-19. Masker kain, bisa dibuat sendiri atau dibuat oleh usaha tingkat rumahan.

"Untuk itu kita semuanya kemudian patuhi dan disiplin menjaga jarak aman setidak-tidaknya dua meter," ujar Yuri

Sebelumnya, pemerintah sempat menyatakan bahwa masih terjadi penularan virus corona yang menyebabkan jumlah pasien Covid-19 di Indonesia masih bertambah.

Baca juga: 26 ABK KM Lambelu Positif Terinfeksi Covid-19, Masuk Kategori Orang Tanpa Gejala

Berdasarkan data yang masuk pada Senin (13/4/2020) pukul 12.00 WIB hingga Selasa (14/4/2020) pukul 12.00 WIB, ada 282 kasus baru Covid-19 di Tanah Air.

Dengan demikian, hingga saat ini total ada 4.839 kasus Covid-19 di Indonesia sejak pertama diumumkan pada 2 Maret 2020 lalu.

Dari jumlah itu, 459 pasien meninggal dunia. Sementara, 426 pasien dinyatakan sembuh.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X