Karyoto, Deputi Penindakan KPK yang Baru, Naik Pangkat Jadi Jenderal Polisi Bintang Dua

Kompas.com - 14/04/2020, 17:23 WIB
Wakapolda DIY Brigjen Karyoto Antaranews.comWakapolda DIY Brigjen Karyoto

JAKARTA, KOMPAS.com - Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) Brigjen (Pol) Karyoto dan Direktur Penyelidikan KPK Kombes Endar Priantoro masih berstatus sebagai anggota Polri dengan penugasan pada KPK.

“Yang bersangkutan masih anggota Polri,” ujar Asisten Kepala Polri bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Irjen Eko Indra Heri ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (14/4/2020).

Lebih lanjut, Eko menuturkan bahwa Karyoto akan mendapat kenaikan pangkat sebagai inspektur jenderal (Irjen) atau berbintang dua.

Baca juga: Jabat Deputi Penindakan KPK, Karyoto Tak Lapor LHKPN Sejak 2013

Hal itu dikarenakan jabatan Deputi Penindakan KPK setingkat perwira tinggi berbintang dua.

“Ya benar (Karyoto akan mendapat kenaikan pangkat),” tuturnya.

Diberitakan, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri melantik empat pejabat eselon I dan II KPK untuk empat posisi yaitu Deputi Penindakan, Deputi Informasi dan Data, Direktur Penyelidikan, dan Kepala Biro Hukum, Selasa (14/4/2020).

Nama-nama yang dilantik ialah Karyoto sebagai Deputi Penindakan KPK, Mochamad Hadiyana sebagai Deputi Informasi dan Data KPK, Endar Priantoro sebagai Direktur Penyelidikan KPK, dan Ahmad Burhanudin sebagai Kepala Biro Hukum KPK.

Baca juga: Firli Lantik Mantan Wakil Kapolda Yogyakarta Jadi Deputi Penindakan KPK

"Kami berlima pimpinan sangat berharap kepada para pejabat yang baru dilantik untuk memberikan ide-ide, inovasi, gagasan dakam pemberantasan korupsi," kata Firli dalam upacara pelantikan di Gedung Merah Putih KPK

Adapun keempat pejabat yang dilantik hari ini telah melalui beberapa tahap seleksi yakni tes potensi dan asesmen, tes wawancara, dan tes kesehatan.

Sebelum dilantik, Deputi Penindakan KPK Karyoto merupakan Wakil Kapolda DI Yogyakarta dengan pangkat brigadir jenderal.

Selain Karyoto, Direktur Penyelidikan KPK Endar Priantoro juga berasal dari Korps Bhayangkara. Endar menjabat sebagai Kasubdit II Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X