Cegah Covid-19, Kemenag Imbau Umat Hindu Ikuti Protokol Kesehatan

Kompas.com - 10/04/2020, 13:56 WIB
Umat Hindu sedang melakukan upacara keagamaan di salah satu pura di Ubud, Bali. shutterstock.com/olegdUmat Hindu sedang melakukan upacara keagamaan di salah satu pura di Ubud, Bali.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama I Made Sutresna mengimbau umat hindu untuk terus mengikuti protokol kesehatan terkait pencegahan wabah virus corona ( Covid-19).

Hal itu, dikatakan Made dalam konferensi persnya di Graha BNPB, Jakarta, Jumat (10/4/2020).

"Secara maksimal kita harus mentaati seluruh hal yang dianjurkan oleh protokol kesehatan," kata Made.

Baca juga: Ada Pandemi Covid-19, PHDI Imbau Umat Hindu Tak Sembahyang Bersama

"Menggunakan masker, tidak keluar rumah, menjaga kesehatan dan kebersihan diri termasuk mencuci tangan dan lain sebagainya," lanjut dia.

Made juga mengimbau seluruh masyarakat tidak berkerumun termasuk saat beribadah.

Sebab, kata dia, pemerintah sudah membuat anjuran untuk physical distancing atau pembatasan fisik antar sesama untuk mencegah Covid-19.

"Oleh karena itu, kita harus ikuti. Kita melaksanakan dari rumah masing-masing," ungkap Made.

Sebelumnya, pemerintah menyatakan bahwa masih terjadi penambahan pasien yang positif terinfeksi virus corona dan mengidap Covid-19.

Baca juga: Hari Raya Nyepi, Apakah Semua Umat Hindu di Dunia Merayakannya?

Hingga Kamis (9/4/2020) pukul 12.00 WIB, data yang dihimpun memperlihatkan total ada 3.293 kasus Covid-19 di Tanah Air.

Jumlah ini bertambah 337 pasien Covid-19 dalam 24 jam terakhir.

Jumlah pasien positif Covid-19 yang meninggal juga bertambah sebanyak 40 orang. Sehingga total pasien meninggal dunia kini mencapai 280 orang.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X