Stok PMI Menipis, Kapolri Instruksikan Anak Buah Donasi Darah

Kompas.com - 08/04/2020, 13:34 WIB
Kapolri, Jenderal Polisi Idham Azis saat pelepasan tim evakuasi warga negara Indonesia yang bekerja di kapal Diamond Princess di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (28/2/2020). Pemerintah mengevakuasi 68 WNI di Kapal Diamond Princess yang kini berada di Yokohama, Jepang, terkait merebaknya virus corona . KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMOKapolri, Jenderal Polisi Idham Azis saat pelepasan tim evakuasi warga negara Indonesia yang bekerja di kapal Diamond Princess di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (28/2/2020). Pemerintah mengevakuasi 68 WNI di Kapal Diamond Princess yang kini berada di Yokohama, Jepang, terkait merebaknya virus corona .

JAKARTA, KOMPAS.com - Kapolri Jenderal Idham Azis memerintahkan anak buahnya melakukan donasi darah karena persediaan darah di Palang Merah Indonesia ( PMI) menipis.

Idham mengatakan, stok darah sangat dibutuhkan lantaran merebaknya kasus demam berdarah.

"Ada TR (telegram rahasia) soal anggota Polri diminta melaksanakan donor darah ke PMI karena ada surat dari PMI minta bantuan pengerahan donor darah," kata Idham melalui keterangan tertulis, Rabu (8/4/2020).

Baca juga: Amankah Donor Darah Saat Pandemi Virus Corona? Ini Penjelasan PMI

"Hal ini untuk membantu mengatasi kekurangan persediaan darah di PMI," lanjut dia.

Hal itu tertuang dalam surat telegram Kapolri bernomor ST/1127/IV/KEP./2020 tertanggal 7 April 2020.

Telegram tersebut ditandatangani oleh Asisten Kepala Polri bidang Sumber Daya Manusia (As SDM) Irjen (Pol) Eko Indra Heri.

Baca juga: Donor Darah Dihentikan karena Corona, Ini Cara PMI Garut Penuhi Kebutuhan Darah

"Sebagai upaya untuk membantu PMI, diharapkan kasatker/kasatwil mengimbau personelnya untuk melaksanakan donor darah dengan berkoordinasi melalui unit donor darah PMI di masing-masing wilayah," seperti dikutip dari telegram tersebut.

Idham berpesan agar kegiatan donasi darah tetap menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X