Tempat Tidur dan ICU untuk Pasien Covid-19 di Jakarta Ditambah

Kompas.com - 08/04/2020, 10:26 WIB
Direktur Utama RSUP Persahabatan Rita Rogayah kepada awak media di RSUP Persahabatan, Jakarta Timur, Kamis (5/3/2020). KOMPAS.COM/DEAN PAHREVIDirektur Utama RSUP Persahabatan Rita Rogayah kepada awak media di RSUP Persahabatan, Jakarta Timur, Kamis (5/3/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan akan menambah kapasitas tempat tidur untuk merawat pasien positif Covid-19.

Hal itu disampaikan Direktur Utama rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan Rita Rogayah dalam konferensi pers di Graha BNPB, Rabu (8/7/2020).

"Rumah sakit di DKI Jakarta sudah menyiapakan kurang lebih ada 475 tempat tidur dan saat kemarin kami sudah mengadakan pertemuan dengan Dinkes DKI Jakarta, maka dalam waktu dekat sampai 15 April ini ditingkatkan menjadi 837 tempat tidur," ujar Rita.

Baca juga: Pemerintah Minta Warga DKI Jakarta Patuhi Aturan PSBB

Dengan penambahan ini, pemerintah berharap setiap saat bisa menangani setiap kasus positif Covid-19 yang membutuhkan rujukan penanganan di rumah sakit.

"Sehingga kemampuan kami menjadi meningkat dengan harapan semua kasus yang membutuhkan rujukan bisa kami tangani," tegas Rita.

Selain itu, pemerintah juga sepakat meningkatkan kapasitas tempat tidur untuk layanan ICU di rumah sakit rujukan.

Rita mencontohkan, di RSUP Persahabatan saat ini ada 16 tempat tidur dalam layanan ICU.

Nantinya, dengan bantuan dukungan RS lain yang berada di sekitar DKI Jakarta, kapasitas untuk layanan ICU diharapkan bisa bertambah hingga 100 tempat tidur.

"Kami akan didukung RS lain di sekitar DKI Jakarta. Dan kami akan meningkatkan lagi sehingga kapasitas untuk ICU bisa lebih dari 100 tempat tidur. Itu yang kami lakukan untuk menerima pasien-pasien lewat triase," tambah Rita.

Baca juga: INFOGRAFIK: PSBB DKI Jakarta, Ini Daftar Tempat Kerja yang Tetap Beroperasi

Diberitakan, kasus pasien positif Covid-19 di Indonesia paling banyak ditemukan di Provinsi DKI Jakarta.

Berdasarkan data yang diungkap pemerintah pada Selasa (7/4/2020), dari 2.738 total pasien positif Covid-19 di Indonesia, sebanyak 1.369 kasus berada di Jakarta.

Dari kasus pasien positif di Ibu Kota itu, sebanyak 106 meninggal dunia dan 65 pasien lain telah dinyatakan sembuh.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X