Ketua Relawan Gugus Tugas Covid-19: Jadilah Pahlawan, Kalahkan Covid-19!

Kompas.com - 07/04/2020, 17:21 WIB
Ilustrasi Covid-19 ShutterstockIlustrasi Covid-19

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Relawan Gugus Tugas Andre Rahadian menyerukan masyarakat untuk dapat menang melawan wabah Covid-19 atau virus corona dengan menjaga diri satu sama lain.

"Mari semua jadilah pahlawan, lindungi diri, lindungi orang lain, mari menangkan perang melawan Covid-19," ujar Andre dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (7/4/2020).

Andre juga mengajak masyarakat dapat mendisiplinkan diri dengan rajin mencuci tangan dengan sabun.

Baca juga: Diancam Trump, India Perlunak Larangan Ekspor Obat Malaria untuk Obati Covid-19

Kemudian, memegang etika yang baik ketika bersin. Lalu, menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah saat ada kepentingan yang mendesak.

"Mari sama-sama produktif di rumah, sekolah di rumah, bekerja dari rumah, ibadah dari rumah. Kita lakukan dengan disiplin," kata dia. 

Andre mengatakan, pihaknya juga segera memberikan materi standar operasional prosedur (SOP) bagi belasan ribu relawan percepatan penanganan virus corona.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

SOP tersebut nantinya dapat diimplementasikan ketika para relawan resmi turun ke lapangan.

"Untuk segera diimplementasikan di wilayah masing-masing, sehingga kita bersama-sama memerangi dan menang atas pandemic Covid-19 ini," ucap dia.

Hingga Selasa (7/4/2020), Relawan Gugus Tugas mencatat 17.616 orang sebagai pendaftar relawan untuk percepatan penanganan Covid-19.

Baca juga: UPDATE: 247 Kasus Baru Covid-19 Tersebar di 8 Provinsi, DKI Catat 135

Dari total pendaftar, 3.326 di antaranya merupakan relawan medis.

Sementara itu, 14.290 orang lainnya masuk kategori relawan non-medis.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X