Wapres: Pemerintah Cari Strategi Tepat Putus Penularan Covid-19

Kompas.com - 03/04/2020, 19:18 WIB
Wapres Maruf Amin saat melakukan video conference dengan Gubernur Jawa Barat terkait penanganan Covid-19 di Jawa Barat, Jumat (3/4/2020). ISTIMEWAWapres Maruf Amin saat melakukan video conference dengan Gubernur Jawa Barat terkait penanganan Covid-19 di Jawa Barat, Jumat (3/4/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, pemerintah tengah mencari strategi yang tepat untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Saya ingin terus memperoleh gambaran strategi, edukasi menghambat penyebaran ini," ujar Ma'ruf saat video conference dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Jumat (3/4/2020).

Hal tersebut pula yang membuatnya terus berkomunikasi dengan para gubernur, termasuk dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Kamis (2/4/2020).

Baca juga: Lapor ke Wapres, Ridwan Kamil Minta Pemerintah Perbanyak Tes Covid-19

Menurut Ma'ruf, penyebaran Covid-19 di Tanah Air saat ini menjadi tantangan besar sehingga harus mencari strategi tepat dalam penangananya.

"Ini jadi tantangan besar dan kita harus cari strategi yang tepat. Makanya saya cari dari gubernur-gubernur mana yang paling efektif melakukan pencegahan-pencegahan," kata dia.

Sebab jika tak bisa mencari cara yang tepat, Ma'ruf khawatir sebaran Covid-19 pun akan semakin masif.

Pada kesempatan itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta pemerintah pusat memperbesar skala pengetesan Covid-19 kepada masyarakat sebagai strategi nomor satu.

"Saya berharap strategi memperbesar pengetesan ini harus jadi nomor 1 hari ini. Kami tidak yakin provinsi lain terlihat kecil sebenarnya itu karena mereka belum melakukan rapid tes besar-besar. Saya yakin kalau sudah, kelihatannya akan ditemukan seperti di Jawa Barat," ujar Ridwan.

Baca juga: Wapres Janji Akan Tindak Lanjut Koordinasi Tiga Provinsi soal Covid-19

Adapun data per Jumat (3/4/2020), terdapat 1.986 kasus positif Covid-19 di Indonesia. Dari jumlah itu, 1.671 orang dirawat, 181 orang meninggal, dan 134 orang sembuh.

Jawa Barat menjadi provinsi kedua setelah DKI Jakarta dengan jumlah kasus positif Covid-19 yang tinggi. Per Jumat, jumlah kasus positif Covid-19 di Jawa Barat adalah 225 kasus.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X