34.696 WNI yang Terdampak Kebijakan Lockdown Malaysia Kembali ke Tanah Air

Kompas.com - 01/04/2020, 18:49 WIB
Menara Kembar Petronas di Kuala Lumpur, Malaysia, salah satu ikon di negara tersebut. KOMPAS.COM/AMIR SODIKINMenara Kembar Petronas di Kuala Lumpur, Malaysia, salah satu ikon di negara tersebut.
Penulis Dani Prabowo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak kurang dari 34.696 warga negara Indonesia ( WNI) yang terdampak kebijakan Perintah Kendali Pergerakan atau Movement Control Order (MCO) di Malaysia telah kembali ke Tanah Air.

Kebijakan yang berlaku sejak 18 Maret hingga 14 April mendatang itu diterapkan untuk mengantisipasi semakin meningkatnya kasus penyebaran Covid-19.

Menurut Direktur Pelindungan Warga Negara Indonesia (WNI) dan Badan Hukum Indonesia (BHI) Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha, data tersebut merupakan data kepulangan sejak 18 Maret hingga 31 Maret 2020.

"Mayoritas yang pulang ada WNI yang memegang fasilitas bebas visa 30 hari," kata Judha saat memberikan keterangan di Jakarta, Rabu (1/4/2020).

Baca juga: 12.548 ABK WNI di Luar Negeri Tak Bisa Bekerja Akibat Covid-19

Mereka, kata dia, bukanlah WNI yang sehari-hari berprofesi sebagai pekerja migran Indonesia (PMI) yang memiliki izin tinggal tetap dan izin bekerja di Malaysia.

WNI yang paling banyak terdampak kebijakan MCO itu merupakan PMI yang menjadi pekerja harian lepas.

"Sedangkan, mayoritas pekerja migran Indonesia yang memiliki majikan tetap, berada dalam kondisi baik," ucap dia. 

Perwakilan RI di Malaysia pun telah menyalurkan bantuan logistik kepada para pekerja harian lepas tersebut sebanyak 3.143 paket dan tengah menyiapkan 3.000 paket bantuan logistik lain yang juga akan didistribusikan.

Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia per 31 Maret, ada 2.626 kasus positif Covid-19 di Malaysia, dimana 37 orang di antaranya dinyatakan meninggal dunia.

Baca juga: Apartemen yang Disulap Jadi RS Khusus Pasien Covid-19 Mulai Beroperasi Jumat Ini

Adapun berdasarkan catatan Kemenlu, terdapat 34 WNI yang dinyatakan positif Covid-19. Dari jumlah tersebut, satu orang telah sembuh dan satu orang meninggal dunia.

Saat ini, ada 32 orang yang menjalani perawatan di rumah sakit dan dalam kondisi stabil.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X