Usai Hadiri Pemakaman Ibunda, Jokowi Kembali ke Istana Bogor untuk Hadiri G-20 Virtual Summit

Kompas.com - 26/03/2020, 17:24 WIB
Presiden Joko Widodo bersiap memberikan keterangan pers terkait wafatnya ibunda Presiden Joko Widodo, Sujiatmi Notomiharjo di rumah duka, Sumber, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Rabu (25/3/2020). Dalam keterangannya, Presiden Joko Widodo menyatkan bahwa Ibunda Presiden Joko Widodo, Sujiatmi Notomiharjo meninggal dunia karena sakit kanker yang sudah diderita sejak 4 tahun ini. ANTARAFOTO/Maulana Surya/foc. ANTARA FOTO/Maulana SuryaPresiden Joko Widodo bersiap memberikan keterangan pers terkait wafatnya ibunda Presiden Joko Widodo, Sujiatmi Notomiharjo di rumah duka, Sumber, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Rabu (25/3/2020). Dalam keterangannya, Presiden Joko Widodo menyatkan bahwa Ibunda Presiden Joko Widodo, Sujiatmi Notomiharjo meninggal dunia karena sakit kanker yang sudah diderita sejak 4 tahun ini. ANTARAFOTO/Maulana Surya/foc.

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo langsung kembali ke Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, untuk menghadiri G-20 Virtual Summit pada pukul 19.00 WIB.

Jokowi lamgsung kembali ke Bogor usai menghadiri pemakaman ibundanya, Sujiatmi Notomiharjo, di TPU Dusun Mundu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Rencananya, Jokowi dan para pemimpin negara-negara yang tergabung di G-20 akan mengadakan pertemuan secara online untuk membahas dampak ekonomi akibat wabah Covid-19.

Baca juga: Momen Saat Jokowi Turun ke Liang Lahat, Mengantar Kepulangan Ibunda

Hal itu disampaikan Menteri Sekretaris Negara Pratikno saat melayat almarhumah Ibunda Jokowi di rumah duka di Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (26/3/2020).

"Ke Bogor nanti jam 19 ada pembicaraan antara pemimpin G-20 antara Covid-19 dan implikasinya ke perekonomian," kata Pratikno melalui siaran di Kompas TV.

"Karena sudah terjadwal G-20 virtual summit. Dan juga para menteri dan semuanya diharapkan tetap stay (tinggal) di Jakarta," lanjut dia.

Baca juga: Usai Hantarkan Ibunda ke Liang Lahat, Jokowi Berdoa di Depan Pusara

Jokowi menyempatkan diri berdoa di hadapan pusara almarhumah ibundanya, usai jenazah dikebumikan.

Jokowi berdoa bersama anggota keluarga lainnya. Sebelum memakamkan jenazah almarhumah ibundanya, Jokowi dan keluarga melakukan tradisi brobosan terlebih dahulu

Tradisi brobosan merupakan bentuk penghormatan keluarga kepada almarhumah sebelum dikebumikan.

Usai jenazah disholatkan dan peti jenazah diangkat menuju makam, para anggota keluarga memutarinya dengan melewati bagian bawah peti jenazah.

Baca juga: Ibunda Jokowi Sujiatmi Notomiharjo dan Warisan Nilai Mendidik Keluarga

Dalam foto yang diperoleh Kompas.com dari fotografer Presiden, Agus Suparto, tampak Jokowo diikuti anggota keluarga lainnya melintasi bagian bawah peti jenazah yang tengah diangkat oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Sebelumnya ibunda Presiden Jokowi Sujiatmi Notomiharjo tutup usia pada Rabu (25/3/2020) pukul 16.45 WIB setelah menjalani perawatan karena sakit kanker. Sujiatmi meninggal dunia dalam usia 77 tahun.

"Tadi sore pada pukul 16.45 WIB berpulang kehadirat Allah SWT ibunda kami, Bu Sujiatmi Notomiharjo, yang kita tahu bahwa ibu sudah empat tahun menderita sakit, yaitu kanker," kata Jokowi, di kediamannya di Solo, Jawa Tengah.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X