Usai Hantarkan Ibunda ke Liang Lahat, Jokowi Berdoa di Depan Pusara

Kompas.com - 26/03/2020, 16:11 WIB
Presiden Joko Widodo berdoa di hadapan pusara almarhumah ibundanya Dokumentasi Agus SupartoPresiden Joko Widodo berdoa di hadapan pusara almarhumah ibundanya

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo berdoa di depan pusara almarhumah ibundanya, Sujiatmi Notomiharjo di TPU Dusun Mundu, Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (26/3/2020).

Doa dilantunkan usai jenazah almarhumah dimasukkan ke liang lahat kemudian ditutupi tanah.

Selain Presiden Jokowi, ada pula putra sulung Jokowi Gibran Rakabuming Raka beserta sanak keluarga Jokowi lainnya.

Baca juga: MUI Sampaikan Belasungkawa atas Meninggalnya Ibunda Jokowi

Sebelum upacara pemakaman, Presiden Jokowi dan keluarga melakukan tradisi brobosan terlebih dahulu

Tradisi brobosan merupakan bentuk penghormatan keluarga kepada almarhumah sebelum dikebumikan.

Usai jenazah dishalatkan dan peti jenazah diangkat menuju makam, para anggota keluarga memutarinya dengan melewati bagian bawah peti jenazah.

Dalam foto dari fotografer Presiden, Agus Suparto, tampak Jokowi diikuti anggota keluarga lainnya melintasi bagian bawah peti jenazah yang tengah diangkat oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Ibunda Presiden Jokowi Sujiatmi Notomiharjo tutup usia pada Rabu (25/3/2020) pukul 16.45 WIB setelah menjalani perawatan karena sakit kanker.

Sujiatmi meninggal dunia dalam usia 77 tahun.

"Tadi sore pada pukul 16.45 WIB berpulang kehadirat Allah SWT ibunda kami, Bu Sujiatmi Notomiharjo, yang kita tahu bahwa ibu sudah empat tahun menderita sakit, yaitu kanker," kata Jokowi, di kediamannya di Solo, Jawa Tengah.

Baca juga: Ibunda Jokowi Sujiatmi Notomiharjo dan Warisan Nilai Mendidik Keluarga

Upacara persemayaman dan pemakaman dibuat sesederhana mungkin.

Presiden Jokowi ingin agar anggota Kabinet Indonesia Maju mendoakan almarhumah dari jauh dan tidak pergi melayat ke Solo sebagai bagian dari penghentian penyebaran virus corona.

Tampak hanya beberapa menteri saja yang datang. Antara lain, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X