Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/03/2020, 17:49 WIB
Penulis Farhanah
|

KOMPAS.com - Jumlah korban virus corona Covid-19 terus bertambah, sehingga rumah sakit rujukan penanganan virus ini kebanjiran pasien. Naasnya, jumlah pasien tak berimbang dengan jumlah tenaga medis.

Namun di tengah kondisi serba sulit, kabar baiknya, Grab Indonesia dan Good Doctor Technology Indonesia (GDTI) menandatangani perjanjian kerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI untuk menghadirkan layanan khusus pemeriksaan (screening) awal Covid-19.

Penandatanganan dilakukan pada Senin (23/3/2020).

Secara teknis, layanan itu dilakukan dengan telekonsultasi atau tanya jawab online langsung dengan dokter dari GrabHealth powered by Good Doctor.

Mitra dokter akan merekomendasikan langkah penanganan virus yang harus dilakukan pengguna sesuai protokol Kemenkes RI.

Baca juga: Wabah Virus Corona, Berikut Cara Grab Minimalisasi Risiko Penularan Covid-19

Screening online tersebut diharapkan dapat membantu mengindikasi seseorang dengan resiko Covid-19 rendah, sedang, hingga tinggi. Dengan begitu, dapat mengurangi beban tenaga medis di rumah sakit.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI drg. Oscar Primadi, MPH mengatakan screening online akan menjadi langkah pemeriksaan awal yang penting agar faskes dan rumah sakit tidak dipenuhi masyarakat yang panik.

Terlebih, masyarakat tidak perlu ke rumah sakit yang terindikasi juga menjadi transmisi penularan virus tersebut sebanyak 41 persen di Wuhan, China.

“Melihat potensi penuhnya rumah sakit di berbagai daerah dalam waktu dekat, Kementerian pun menganjurkan masyarakat untuk memanfaatkan smartphone mereka dan mengakses layanan konsultasi dengan dokter secara online dari rumah,” kata drg. Oscar sesuai rilis yang diterima Kompas.com, Senin.

Baca juga: KitaVSCorona, Begini Social Distancing Versi Layanan Grab Indonesia

Demi memastikan kualitas layanan, semua mitra dokter Good Doctor mendapat bekal langsung dengan satu pedoman konsultasi terstruktur, rekomendasi medis akurat, dan berbagai info terkini tentang Covid-19 dari Kemenkes RI.

Danu Wicaksana Managing Director Good Doctor Technology Indonesia memaparkan hadirnya layanan tersebut disambut baik oleh masyarakat pengguna aplikasi Grab Indonesia.

“Dalam seminggu terakhir, permintaan tanya jawab di platform kami meningkat sebanyak 400 persen dengan tanya jawab seputar Covid-19 meningkat 20 kali lipat di bulan Maret dibandingkan bulan Februari,” jelas Danu.

Baca juga: Darurat Corona, Grab Bikin Program Khusus untuk Mitra dan Pelanggan

Kerja sama juga menegaskan komitmen Grab Indonesia dan Good Doctor dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. 

Terlebih, dapat memperluas akses informasi terhadap langkah-langkah tepat menghadapi wabah Covid-19.

“Grab melalui GrabHealth powered by Good Doctor akan terus bekerja erat dengan lembaga pemerintah terkait untuk meminimalisir penyebaran Covid-19. Hal ini merupakan bagian dari inisiatif #KitaVSCorona yang kami luncurkan sebagai wujud upaya bersama memerangi Covid-19,” kata Neneng Goenadi Managing Director Grab Indonesia.

Nah, saat ini GrabHealth powered by Good Doctor sudah tersedia gratis di aplikasi smartphone Anda.

Tak hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan produk dan alat kesehatan di Health Mall Good Doctor yang telah bekerja sama dengan lebih dari 800 apotek di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.