Menteri PUPR: Persiapan RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Rampung 100 Persen

Kompas.com - 22/03/2020, 14:03 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Tower 7 Wisma Atlet Kemayoran, Minggu (22/3/2020). KOMPAS.com/HILDA B ALEXANDERMenteri PUPR Basuki Hadimuljono di Tower 7 Wisma Atlet Kemayoran, Minggu (22/3/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan upaya pemerintah menyiapkan Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, sebagai tempat perawatan pasien yang terjangkit virus corona atau Covid-19 telah rampung.

Menurut Basuki, Wisma Atlet siap beroperasi mulai Senin (23/3/2020) besok.

"Ini sudah selesai semuanya termasuk penyemprotannya kemarin sore, seratus persen sudah selesai," kata Basuki dalam konferensi pers di Wisma Atlet, Jakarta, Minggu (22/3/2020).

Baca juga: Senin Besok, 2.400 Kamar di Wisma Atlet Jakarta Siap Dipakai untuk Pasien Covid-19

Basuki menjelaskan, pihaknya sedikit memodifikasi Wisma Atlet khususnya yang berada di tower 7 lantai 1, 2, dan 3.

Lantaran bangunan tersebut akan difungsikan sebagai rumah sakit darurat, pemerintah melengkapinya dengan ruang ICU, radiologi, hingga farmasi.

Ia memastikan, hari ini, seluruh peralatan medis akan dimasukkan ke wisma, dilanjutkan dengan pemasangan alat.

Peralatan yang digunakan pun seluruhnya portable karena rumah sakit ini bersifat darurat.

"Ini semua termasuk pengaturan arus orang. Jadi pasien dan petugas tidak boleh berpapasan. Ini semua diatur oleh Kemenkes," ujar Basuki.

Baca juga: RS Darurat Wisma Atlet Diperuntukkan bagi Pasien Covid-19 Kondisi Ringan

Basuki mengatakan, seluruh komponen akan siap pada malam hari ini sehingga gladi resik akan segera digelar.

Sebelumnya, Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman menyatakan 2.400 kamar di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, siap dipakai untuk penanganan Covid-19 mulai Senin (23/3/2020) besok.

"Pada Senin (23/3/2020) pemerintah sudah siap menampung 2.400 pasien di Wisma Atlet Kemayoran, dari 22.200 pasien yang dapat ditampung di 10 tower," kata Fadjroel melalui keterangan tertulis, Minggu (22/3/2020).

Selain itu, kata Fadjroel, rumah sakit khusus di Pulau Galang, Pulau Sebaru Kecil, dan sejumlah hotel BUMN dan swasta juga disiapkan untuk menampung pasien Covid-19.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X