Dewan Pers Minta Para Jurnalis Patuhi Protokol Covid-19

Kompas.com - 18/03/2020, 15:47 WIB
Ilustrasi jurnalisme Getty Images/iStockphotoIlustrasi jurnalisme

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh mengapresiasi para jurnalis yang meliput dan memberikan informasi kepada masyarakat terkait perkembangan virus corona di Tanah Air.

"Saya memberikan apresiasi yang sungguh sangat luar biasa kepada kawan-kawan jurnalis, meskipun suasananya sangat khusus, tetapi kawan-kawan jurnalis tetap menjalankan tugas sucinya yaitu memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat," kata Nuh, Rabu (18/3/2020).

Nuh berpesan agar para jurnalis dan para perusahaan media menjaga kesehatan, agar tidak tertular Covid-19 dan menjalankan prinsip-prinsip peliputan sesuai protokol tentang penanganan virus corona.

Baca juga: Petugas Medis yang Tangani Pasien Covid-19 Diwanti-wanti Tak Sentuh Area Wajah

"Jangan sampai kita meliput Covid-19 tetapi sekali lagi na'udzubillah justru ada kawan-kawan yang terpapar covid 19," ujarnya.

Lebih lanjut, Nuh mengimbau para jurnalis mengedepankan etika jurnalistik dan obyektivitas dalam meliput perkembangan virus corona.

"Urusan etika jurnalistik, obyektifitas menjadi bagian dari yang tidak terpisahkan. Kami dari Dewan Pers memberikan dkungan penuh agar kita semua bisa bersam-sama bersatu melawan Covid-19, sehingga Indonesia tetap tegak teguh dan semakin jaya," pungkasnya.

Seperti diketahui, hingga Selasa (18/3/2020), Jumlah pasien positif virus corona atau Covid-19 di Indonesia terus bertambah.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto mengatakan, ada 172 kasus pasien positif Covid-19.

Jumlah ini bertambah 38 orang dari pengumuman terakhir yang dilakukan pada Senin (16/3/2020) sore.

"Total ada 172 kasus," ujar Achmad Yurianto dalam konferensi pers di Kantor BNPB, Selasa sore.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X