Kepala BNPB Disebut Bakal Pimpin Tim Khusus Penanganan Virus Corona

Kompas.com - 13/03/2020, 12:16 WIB
Kepala BNPB Doni Munardo saat ditemuidi Kantor Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (23/1/2020). KOMPAS.com/Deti Mega PurnamasariKepala BNPB Doni Munardo saat ditemuidi Kantor Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (23/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala BNPB Doni Monardo disebut bakal memimpin tim khusus untuk penanganan dan penindakan pandemi virus corona.

Hal itu diungkapkan Deputi V BIN Afini Boer dalam diskusi 'Bersama Melawan Corona' di Jakarta, Jumat (13/3/2020).

"Yang kami dengar ketuanya kepala BNPB. Ada banyak instansi lain," kata Afini.

Baca juga: Cegah Corona, Masjid Istiqlal Gulung Karpet dan Bersihkan Mikrofon

Ia menjelaskan, pembentukan tim penanganan virus corona itu merujuk pada Instruksi Presiden No 4/2019 tentang Peningkatan Kemampuan dalam Mencegah, Mendeteksi, dan Merespons Wabah Penyakit, Pandemi Global, dan Kedaruratan Nuklir, Biologi dan Kimia.

Afini mengatakan, selain BNPB, tim khusus bakal melibatkan sejumlah pihak lain.

Tugas dan fungsi tim tersebut, yaitu menerapkan langkah strategis untuk peningkatan imunitas masyarakat sehat dan pengobatan pasien Covid-19.

Baca juga: Kemenparekraf Ajak Masyarakat Rasional Hadapi Wabah Virus Corona

"Bagaimana membuat gaya hidup sehat. Meningkatkan ketahanan imunitas yang tidak sakit dan mengobati yang sudah sakit. Itu yang akan dilakukan. Nanti akan melibatkan banyak pihak," lanjut dia.

Hingga Kamis (12/3/2020) sore, pemerintah mengonfirmasi 34 kasus positif virus corona di Indonesia.

Tiga pasien dinyatakan sembuh, sementara satu pasien meninggal dunia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X