Marak Aksi KKB, Mahfud Kumpulkan TNI-Polri Bahas Keamanan Papua Besok

Kompas.com - 09/03/2020, 20:59 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD di Kantor Kemenkumham, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (6/3/2020). KOMPAS.com/Dian Erika Menko Polhukam Mahfud MD di Kantor Kemenkumham, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (6/3/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam)  Mahfud MD akan mengumpulkan TNI-Polri guna membahas keamanan Papua pasca-aksi teror Kelompok Kriminal Bersenjata ( KKB) di Tembagapura, Mimika.

"Besok saya yang undang Polri, kejaksaan, TNI dan semualah lembaga kementerian dan lembaga terkait besok diundang ke sini," ujar Mahfud di kantor Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (9/3/2020).

Mahfud mengatakan, rapat pembahasan keamanan Papua rencananya digelar pukul 09.30, Selasa (10/3/2020).

Baca juga: Marak Aksi KKB, Polri Tak Tambah Personel di Papua

Di sisi lain, Mahfud menegaskan, selama ini aparat keamanan telah menjalankan standar operasional prosedur (SOP) pengamanan di Papua.

"Secara prosedural sudah ada SOP-nya ya, aparat keamanan sudah bekerja di sana, pemerintah sudah bekerja, tetapi secara lebih detail penanganannya, karena ini peristiwa, besok masih akan ada rapat di Kemenko Polhukam," ucap dia.

Diberitakan sebelumnya, arus pengungsian warga yang sebelumnya tinggal di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua terus bertambah.

"Perlu diketahui bahwa total warga masyarakat yang telah diturunkan ke Timika dari Distrik Tembagapura sejak 6-9 Maret 2020 sebanyak 1.572 jiwa," ujar Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw, melalui rilis, Senin (9/3/2020).

Baca juga: Pos TNI di Pedalaman Mimika Siaga Satu Pascapenembakan KKB di Jila

Warga di wilayah Tembagapura tersebut minta dievakuasi karena KKB dari berbagai wilayah di pegunungan Papua sudah berada di sekitar kampung dan menebar teror dengan menembaki pos penjagaan TNI-Polri.

Aksi yang dilakukan KKB ini tentunya membuat warga merasa terancam.

Tak hanya itu, warga sudah mulai sulit mendapatkan kebutuhan sembako dan layanan kesehatan.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X