Ketua DPR Sarankan Pemerintah Proaktif Periksa Masyarakat yang Berpotensi Terjangkit Corona

Kompas.com - 03/03/2020, 22:25 WIB
Warga menggunakan masker setelah turun dari kereta rel listrik di stasiun Palmerah, Jakarta, Selasa (3/3/2020). Presiden Joko Widodo mengimbau warga untuk tidak panik, tetapi tetap waspada dengan tetap higienis serta menjaga imunitas tubuh usai mengumumkan dua orang Warga Negara Indonesia (WNI) positif terjangkit virus corona yang saat ini dirawat di ruang isolasi RSPI Sulianti Saroso, Jakarta. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGWarga menggunakan masker setelah turun dari kereta rel listrik di stasiun Palmerah, Jakarta, Selasa (3/3/2020). Presiden Joko Widodo mengimbau warga untuk tidak panik, tetapi tetap waspada dengan tetap higienis serta menjaga imunitas tubuh usai mengumumkan dua orang Warga Negara Indonesia (WNI) positif terjangkit virus corona yang saat ini dirawat di ruang isolasi RSPI Sulianti Saroso, Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPR Puan Maharani meminta pemerintah untuk mendatangi warga dan komunitas yang berpotensi terjangkit virus corona.

Menurut Puan, pemerintah harus proaktif dalam mencegah dan menanggulangi wabah virus tersebut.

" Pemerintah segera mengambil tindakan proaktif dalam rangka pencegahan dan penindakan dengan mendatangi warga, komunitas atau kelompok-kelompok yang rentan terpapar virus corona dengan melakukan tes medis," kata Puan dalam keterangan tertulisnya, Selasa (3/3/2020).

Baca juga: Cegah Corona, Ini Tips untuk Warga Saat Beraktivitas di Pasar

Puan mengingatkan agar pemerintah terus memberbaiki data terkait virus corona. Itu dilakukan untuk mencegah pemberitaan tidak benar alias hoaks.

"Tindakan penanganan serta sosialisasi tentang pencegahan menggunakan seluruh platform media agar masyarakat tidak termakan kabar hoaks tentang kasus corona," ungkapnya.

Politikus PDI Perjuangan ini juga mengingatkan pemerintah untuk menjaga pintu masuk ke Tanah Air.

"Disiplin penjagaan pintu-pintu masuk dari dan ke luar negeri baik di darat, laut, dan udara dan sewaktu-waktu bisa menutupnya bila diperlukan demi kepentingan pencegahan wabah," ucap Puan.

Baca juga: Di Empat Negara ini, Kasus Penularan Virus Corona Dilaporkan Semakin Tinggi

Diberitakan, Presiden Jokowi pada Senin (2/3/2020) mengumumkan kasus pertama virus corona di Tanah Air.

Ada dua warga Depok, Jawa Barat, yang dinyatakan positif virus corona.

Keduanya adalah seorang ibu (64) beserta putrinya (31), yang belum lama ini melakukan kontak dengan warga negara Jepang domisili Malaysia.

Keduanya saat ini sedang dipantau kesehatannya dalam ruang isolasi di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X