Kompas.com - 03/03/2020, 15:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Penghasilan untuk tahun pajak 2019 secara online di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Selasa (3/3/2020).

Saat menyampaikan laporannya, Ma'ruf yang didampingi Dirjen Pajak Suryo Utomo, tampak dibimbing oleh seorang petugas pajak saat mengisi kolom-kolom SPT.

"Sebagai bangsa Indonesia, apapun kedudukannya, jabatannya termasuk Wakil Presiden maupun Presiden, sudah seharusnya mengisi SPT untuk menyampaikan kewajiban pajaknya dan itu merupakan tanggung jawab kita sebagai seorang warga negara," ujar Ma'ruf usai melaporkan SPT-nya.

Baca juga: Presiden Jokowi: Masih Banyak yang Belum Lapor SPT

Ia mengatakan, laporan pajak tahunan maupun pembayaran pajak bukan untuk satu pihak tetapi untuk kepentingan seluruh rakyat Indonesia.

Sebab, kata dia, keberlangsungan negara dan bangsa sangat tergantung dengan pendapatan negara yang berasal dari pajak, disamping pendapatan lainnya.

"Pajak ini merupakan tulang punggung dari pembiayaan negara kita. Oleh karena itu kita tidak boleh mencoba menghindar. Itu bukan warga negara yang baik," kata dia.

Baca juga: Ingat Lapor SPT Tahunan, Ditjen Pajak Memantau Kepatuhan Anda

Diberitakan, Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Pajak (DJP) mewajibkan setiap warga negara wajib pajak untuk melapor SPT tahunan Pajak Penghasilan (PPh) untuk tahun pajak 2019.

Kabid P2Humas Kantor Wilayah DJP Jakarta Timur, Widi Widodo mengatakan, Wajib Pajak (WP) orang pribadi harus melapor SPT Tahunan sebelum jatuh tempo pada 31 Maret 2020 mendatang.

"Iya, sampai 31 Maret. Jadi tinggal melaporkan bukti potong saja," kata Widi di Jakarta, Kamis (30/1/2020).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.