Soal Corona, Muhadjir: Kuncinya Daya Tahan Tubuh Bagus

Kompas.com - 02/03/2020, 20:40 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy di Graha BNPB, Jakarta Timur, Senin (2/3/2020). KOMPAS.com/Dian Erika Menko PMK Muhadjir Effendy di Graha BNPB, Jakarta Timur, Senin (2/3/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, virus corona hanya bisa dicegah dengan daya tahan tubuh yang baik. 

"Kuncinya satu kan sebetulnya, (yakni) daya tahan tubuh. Kalau daya tahan tubuhnya bagus, prima maka virus itu tidak akan mengenai," ujar Muhadjir di Graha BNPB, Jakarta Pusat, Senin (2/3/2020).

 

Saat ini, belum ditemukan obat untuk virus tersebut. Mereka yang terkena virus corona dipulihkan daya tahan tubuhnya sehingga virusnya akan kalah. 

Lebih lanjut, ia menyampaikan sejumlah langkah yang bisa dilakukan warga untuk mencegah corona. 

Baca juga: Muncul Virus Corona di Indonesia, Pemkot Tangsel Siapkan Ruangan Isolasi di RSUD

Pertama, masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaan penularan virus dengan menjaga kebersihan.

Kedua, melakukan rangkaian gerakan masyarakat hidup sehat (Germas). Adapun kegiatan Germas yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan meliputi melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin dan membersihkan lingkungan sekitar.

"Yang penting adalah supaya masyarakat menggalakkan kegiatan Germas yang dilakukan di sekolah, posyandu, RT, RW, desa, dan seterusnya," ucap Muhadjir.

Sementara itu, dari sisi pemerintah, Muhajdir mengungkapkan, ada kemungkinan untuk memperbanyak jumlah rumah sakit (RS) rujukan untuk menangani individu yang tertular virus corona.

"Kita akan segera koordonasikan dengan masing-masing daerah, termasuk RS mungkin akan kita perbanyak RS rujukan dan juga tidak hanya ditangani oleh pemerintah saja, tapi pihak terkait dan masyarakat," ucap Muhadjir.

Presiden Joko Widodo telah mengumumkan bahwa saat ini ada dua orang di Indonesia yang positif terjangkit virus corona.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X