Belum Beri Arahan ke Daerah soal Corona, Kemendagri Tunggu Kemenkes

Kompas.com - 02/03/2020, 15:43 WIB
Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri, Akmal Malik, di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Rabu (8/1/2020). KOMPAS.com/Dian Erika Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri, Akmal Malik, di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Rabu (8/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Dalam Negeri ( Kemendagri) belum memberikan imbauan ataupun arahan kepada seluruh kepala daerah.

Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik mengatakan, pihaknya harus melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sebelum memberi arahan.

"Kami menunggu koordinasi dengan Kemenkes dulu," ujar Akmal saat dihubungi wartawan, Senin (2/3/2020).

Baca juga: Istana: Pemerintah Siap Tindak Lanjuti Hal Terburuk soal Corona

Koordinasi, kata dia, harus dilakukan karena terkait dengan kesehatan dan harus ada langkah sesuai prosedur.

"Itu ranahnya Kemenkes dulu. Kami masih menunggu," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo mengumumkan adanya dua orang di Indonesia yang positif terjangkit virus corona.

Menurut Jokowi, dua warga negara Indonesia (WNI) tersebut sempat kontak dengan warga negara Jepang yang datang ke Indonesia.

Baca juga: Corona Masuk Indonesia, Gubernur Sulsel Minta Warganya Kurangi Bepergian

Warga Jepang itu terdeteksi virus corona setelah meninggalkan Indonesia dan tiba di Malaysia. Tim Kemenkes pun melakukan penelusuran.

"Orang jepang ke Indonesia bertemu siapa, ditelusuri dan ketemu. Ternyata orang yang terkena virus corona berhubungan dengan dua orang, ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Senin (2/3/2020).



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X