68 WNI kru Diamond Princess Menuju Pulau Sebaru lewat Pelabuhan PLTU Indramayu

Kompas.com - 01/03/2020, 11:49 WIB
Penumpang menunggu kendaraan setelah meninggalkan kapal pesiar Diamond Princess yang terkena virus korona baru yang sedang berlabuh di Pelabuhan Yokohama, selatan Tokyo, Jepang, Kamis (20/2/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/Kim Kyung-Hoon/wsj/cfo ANTARA FOTO/REUTERS/KIM KYUNG-HOONPenumpang menunggu kendaraan setelah meninggalkan kapal pesiar Diamond Princess yang terkena virus korona baru yang sedang berlabuh di Pelabuhan Yokohama, selatan Tokyo, Jepang, Kamis (20/2/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/Kim Kyung-Hoon/wsj/cfo
Penulis Devina Halim
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 68 warga negara Indonesia ( WNI) yang dievakuasi dari kapal pesiar Diamond Princess di Yokohama, Jepang, akan menuju lokasi observasi di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, melalui jalur laut.

Mereka dievakuasi dengan menaiki KRI dr Soeharso ke lokasi observasi di Pulau Sebaru Kecil.

"Diharapkan pukul 03.00 WIB sudah layar menuju ke Pulau Sebaru," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Achmad Yurianto ketika dihubungi Kompas.com, Minggu (1/3/2020).

Baca juga: Bandara Kertajati Bersiap Jadi Lokasi Pendaratan WNI ABK Diamond Princess

Mereka dijadwalkan berangkat dari Bandara Haneda, Tokyo, Jepang, pukul 18.00 waktu setempat.

Yurianto menuturkan, rombongan dijadwalkan tiba di Bandara Kertajati, Majelengka, Jawa Barat, pada pukul 23.30 WIB.

Setelah itu, para WNI tersebut akan menuju pelabuhan PLTU Indramayu pada pukul 00.30 WIB untuk menuju Pulau Sebaru.

"Take off dari Haneda pukul 18.00 waktu setempat. Sampai di Kertajati 23.30 WIB. Kemudian menuju ke pelabuhan PLTU Indramayu pada pukul 00.30 WIB," ujarnya.

Adapun proses evakuasi dilakukan berkaitan dengan virus corona yang telah menyebar di kapal pesiar tersebut.

Kapal tersebut dikarantina di Yokohama, Jepang. Terdapat 78 WNI di kapal tersebut. Namun, hanya 68 yang dipulangkan ke Tanah Air. 

Sebanyak 23 personel tim evakuasi juga sudah diberangkatkan pada Jumat (28/2/2020), untuk menjemput mereka.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X