Bertemu Dubes India, Mahfud MD Bahas Persoalan Andaman

Kompas.com - 28/02/2020, 18:36 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Jumat  (28/2/2020). KOMPAS.com/Dian Erika Menko Polhukam Mahfud MD di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Jumat (28/2/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menerima kunjungan Duta Besar India untuk Indonesia Pradeep Kumar Rawat di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Jumat (28/2/2020).

Dalam pertemuan itu sempat dibahas rencana perundingan wilayah Andaman yang berbatasan dengan Indonesia.

"Kita akan membicarakan lagi perundingan tentang Andaman yang berimpitan antara Indonesia dan Malaysia," ujar Mahfud di Kantor Kemenko Polhukam.

Baca juga: Sentinel, Suku Terasing Andaman yang Tak Ragu Bunuh Orang Asing

Meski persoalan wilayah ini tidak sampai menyebabkan suasana panas, menurut Mahfud, tetap harus ada kesepakatan bersama.

"Harus disepakati bersama bagaimana mengelola daerah yang berimpit itu," kata dia. 

Mahfud mengatakan, pertemuan pada Jumat itu merupakan kunjungan kehormatan (courtesy call).

"Tapi masalah yang substansi tadi misalnya kami menyepakati untuk mencari tanggal baru pertemuan bilateral antara saya selaku Menkopolhukam dengan Ketua Dewan Keamanan Nasional India," ucap Mahfud.

Baca juga: Turis AS Tewas Dipanah Suku Pedalaman India di Kepulauan Andaman

Pertemuan itu akan membahas kerja sama kedua negara di bidang pertahanan dan keamanan. Sedianya, pertemuan bilateral ini dijadwalkan pada Maret.

"Tapi situasinya tampaknya tidak mungkin bulan Maret dilakukan. Karena ya ada perkembangan Corona dan sebagainya sehingga belum jelas seperti apa situasi pada Maret," ucap Mahfud.

"Sehingga kita menyepakati tadi, tanggalnya akan ditentukan kemudian bukan bulan Maret," kata dia. 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X