Menhub: Tak Ada Lagi Penerbangan ke Arab Saudi Mulai Besok

Kompas.com - 27/02/2020, 19:39 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan keterangan pers di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (26/2/2020). KOMPAS.com/ADE MIRANTI KARUNIA SARIMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan keterangan pers di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (26/2/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan, mulai Jumat (28/2/2020) besok, tak ada lagi penerbangan dari Indonesia menuju Arab Saudi lantaran adanya penangguhan visa umrah.

"Otoritas Saudi kan tidak menerima. Jadi jelas penerbangan tidak akan dilakukan lagi ke Saudi kecuali yang sudah terlanjur hari ini. Jadi untuk besok itu sudah tidak ada lagi penerbangan ke Arab Saudi," kata Budi Karya di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Ia yakin Pemerintah Arab Saudi telah mengkaji betul kebijakan tersebut yang tentunya berdampak pada perekonomian mereka.

Namun, Pemerintah Indonesia akan terus memperbaharui informasi mengenai penangguhan visa umrah agar dapat memberi kepastian kepada para jemaah.

Baca juga: Hari Ini, 1.300 Jamaah Umrah Batal Terbang ke Arab Saudi karena Kebijakan Raja Salman

Ia mengatakan, ada 100 penerbangan untuk umrah setiap minggunya. Ia pun sudah menginstruksikan maskapai untuk menginformasikan hal ini kepada penumpang yang hendak bertolak ke Arab Saudi.

"Sebenarnya saya sudah menyampaikan pada AP II. Sudah menyampaikan pada airlines agar dari online menginformasikan agar jemaah itu menunda perjalanan ke bandara, tetapi kan mereka sudah jalan, mereka ke sana saya akan ke sana ke bandara untuk bertemu (jemaah)," ucap dia.

Dikutip dari Arab News, Kamis (27/2/2020), tak hanya visa umrah, Arab Saudi juga telah menangguhkan visa turis yang datang dari negara-negara dengan kasus virus corona.

Pihaknya juga menyebutkan bahwa otoritas kesehatan Arab Saudi terus memantau perkembangan terkini dari penyebaran virus corona yang mulai menginfeksi sejumlah negara Teluk dalam beberapa hari terakhir.

Baca juga: Arab Saudi Tangguhkan Kunjungan Umrah, Menag Minta Calon Jemaah Memahami

Tindakan tersebut dilakukan untuk tindakan pencegahan serta perlindungan terbaik bagi keselamatan warga dan setiap orang yang berniat mengunjungi Arab Saudi, baik untuk tujuan umrah maupun wisata.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X