Wapres Ma'ruf Minta Bawaslu Jaga Kredibilitas dan Kepercayaan Publik

Kompas.com - 25/02/2020, 17:18 WIB
Wapres Maruf Amin dalam Konferensi Kerja Nasional PGRI yang berlangsung dari tgl 21-23 Februari 2020 mengangkat tema ?Peran Strategis PGRI dalam mewujudkan SDM Indonesia Unggul?. DOK. HUMAS SETWAPRESWapres Maruf Amin dalam Konferensi Kerja Nasional PGRI yang berlangsung dari tgl 21-23 Februari 2020 mengangkat tema ?Peran Strategis PGRI dalam mewujudkan SDM Indonesia Unggul?.

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin berpesan kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) agar menjaga kredibilitas dan kepercayaan publik terhadap hasil pemilu.

"Bawaslu harus mampu menjaga kredibilitas dan kepercayaan publik terhadap hasil dari pemilu. Saya yakin Bawaslu mampu melaksanakan tugas-tugas itu," kata Ma'ruf dalam peluncuran indeks kerawanan pemilu pada Pilkada 2020 di kawasan Pecenongan, Jakarta Pusat, Selasa (25/2/2020).

Baca juga: Soal Indeks Kerawanan Pilkada, Mendagri: Kami Akan Jaga Stabilitas Politik

Ma'ruf mengatakan, indeks kerawanan pemilu merupakan salah satu instrumen penting untuk menjamin suksesnya penyelenggaraan pemilu.

Sebab, dalam setiap setiap penyelenggaraan pemilu, kata dia, selalu ada hal yang perlu diantisipasi, salah satunya soal ketidaknetralan aparatur sipil negara (ASN). 

Selain itu, soal daftar pemilih ganda yang terdapat di 179 daerah, pemasangan alat peraga kampanye yang tidak sesuai aturan di 133 daerah, serta rendahnya partisipasi masyarakat.

"Indeks dimaksud diharapkan dapat dimanfaatkan secara optimal untuk mengukur potensi kerawanan pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020 bagi Bawaslu maupun pihak lain yang berkepentingan," kata dia.

Wapres Ma'ruf juga mengapresiasi kinerja Bawaslu yang berperan besar dalam menyukseskan pilkada serentak tahun 2017, pemilu legislatif, serta pemilu presiden/wapres tahun 2019.

Baca juga: Wapres Maruf Singgung Praktik NPWP di Pilkada, Apa Maksudnya?

Sebab, kata dia, kesuksesan pelaksanaan pemilu sangat dipengaruhi oleh fungsi pengawasan yang netral, profesional, dan berintegritas.

"Diharapkan Bawaslu dapat menuntaskan tugas dengan baik juga pada pilkada serentak tahun 2020," kata dia.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X