Mendagri Minta Kepala Daerah Bangun Perpustakaan hingga Tingkat Desa

Kompas.com - 25/02/2020, 14:15 WIB
Mendagri Tito Karnavian saat memberikan sambutan pada  Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Perpustakaan Tahun 2020, di Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (25/2/2020). KOMPAS.com/Dian Erika Mendagri Tito Karnavian saat memberikan sambutan pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Perpustakaan Tahun 2020, di Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (25/2/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri ( Mendagri) Tito Karnavian meminta kepala daerah mau membangun perpustakaan hingga ke tingkat desa.

“Saya meminta kepada kepala daerah baik yang di Provinsi, kabupaten dan kota untuk melakukan tiga hal. Pertama, membuat dinas perpustakaan. Kedua menganggarkannya, lalu mendorong pembangunan perpustakan di kecamatan-kecamatan hingga desa, " ujar Tito saat memberi paparan di Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Perpustakaan Nasional 2020 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (25/2/2020).

Tito menyarankan perpustakaan di tingkat kecamatan hingga desa tidak perlu terlalu besar.

Baca juga: Kemendagri Minta Pemda Alokasikan APBD untuk Pengembangan Perpustakaan

Menurut Tito, perpustakaan itu harus memahami kebutuhan masyarakat dan aplikatif bagi masyarakat desa.

Untuk mendanai pendirian perpustakaan, Tito memperbolehkan penggunaan dana desa.

“Dengan adanya dana desa, saya koordinasikan dengan Kementerian Desa agar dapat digunakan juga untuk membangun perpustakaan mini tiap desa," kata Tito.

Baca juga: Kemendagri Minta Pemda Gencarkan Pembangunan Perpustakaan Daerah

Dengan hadirnya perpustakaan yang menyediakan kebutuhan masyarakat setempat, kata dia dapat mendorong inovasi di daerah.

“Contoh misalnya di daerah kepulauan, bagaimana menjaga pentingnya karang, menjaga lingkungan ekosistem karang, membudidayakan ikan. Lalu di daerah wisata bagaimana untuk membentuk budaya yang welcome pada pariwisata, wisata sejarah," tambah Tito.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X