Banjir Melanda Jakarta, BNPB Sebut Akibat Penurunan Muka Tanah

Kompas.com - 24/02/2020, 17:12 WIB
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional Doni Monardo  di Graha BNPB, Jakarta Timur, Senin (24/2/2020). KOMPAS.com/Firda Zaimmatul MufarikhaKepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional Doni Monardo  di Graha BNPB, Jakarta Timur, Senin (24/2/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional ( BNPB) Doni Monardo menyebut, banjir yang terjadi di sejumlah wilayah DKI Jakarta disebabkan oleh penurunan muka tanah.

"Ya memang kalau kita lihat permukaan daratan ibu kota mengalami penurunan. Mungkin 20-30 tahun yang lalu, permukaan Jakarta itu masih sebagian besar ada di atas permukaan laut, ya sekarang ini datanya sudah mengalami penurunan," kata Doni saat ditemui di Graha BNPB, Jakarta Timur, Senin (24/2/2020).

Menurutnya, penurunan ini karena pengambilan air tanah yang cukup banyak, akibatnya permukaan daratan yang lebih rendah menyulitkan air untuk keluar ke laut.

Baca juga: Mesin Kena Banjir, Jadwal Pemeriksaan Tomoterapi untuk 40 Pasien RSCM Terganggu

Sehingga penurunan muka tanah ini menyebabkan banyak tempat-tempat aliran airnya tersumbat, drainase yang tidak lancar, hingga sungai-sungai yang dipenuhi sampah.

Doni menuturkan, untuk menanggulangi banjir di Jakarta dan sekitarnya, tidak bisa dikerjakan oleh satu pihak atau satu lembaga tertentu.

Walaupun komunitas-komunitas sudah bergerak, masih belum cukup untuk menanggulangi banjir di Jakarta, katanya perlu kesadaran dari berbagai pihak.

Baca juga: Kepala BNPB: Air Minum dari PDAM Mungkin Tidak Ada yang Layak Minum

Doni juga mengimbau kepada masyarakat untuk selalu mengikuti perkembangan data dari BMKG setiap saat untuk mengantisipasi terjadinya bencana banjir di tempat tinggal masing-masing.

"Ikuti perkembangan, data dari BMKG setiap saat para petugas selalu mengingatkan, BPBD kemudian juga sampai tingkat desa, para pemuda-pemuda yang ada di daerah-daerah yang biasa lazimnya selalu mengalami banjir," ujar Doni.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X