Dimulai 15 Februari, Ini Tahapan Sensus Penduduk 2020

Kompas.com - 13/02/2020, 17:38 WIB
Jumlah penduduk Indonesia 2020 melalui sensus penduduk. Data BPS menunjukkan setiap lima tahun mengalami peningkatan di semua pulau di Indonesia. shutterstock.comJumlah penduduk Indonesia 2020 melalui sensus penduduk. Data BPS menunjukkan setiap lima tahun mengalami peningkatan di semua pulau di Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Deputi Bidang Statistik Sosial BPS Margo Yuwono mengatakan Sensus Penduduk (SP) 2020 akan digelar mulai 15 Februari 2020.

Sensus akan digelar dalam dua tahap.

"Jadi sensus ini akan digelar dua tahap. Tahap pertama, secara online yang akan digelar pada 15 Februari-31 Maret 2020," ujar Margo dalam diskusi bertajuk "SP 2020: Satu Data Indonesia" di Kantor Kemenkominfo, Jakarta Pusat, Kamis (13/2/2020).

Baca juga: Berbasis Data Dukcapil, BPS Gelar Sensus Penduduk 2020

 

Pada tahap pertama, BPS meminta warga melakukan update data pribadi dan data keluarga melalui laman www.sensus.bps.go.id.

"Jadi individu bisa masuk ke laman itu. Kemudian individu diminta memasukkan NIK dan nomor KK untuk diisikan bagian sensus," ungkap Margo.

Langkah selanjutnya, individu diminta membuat password.

Tujuan pembuatan password itu sendiri adalah untuk memastikan bahwa informasi yang diunggah ke laman di tersebut dijamin keamanannya.

Margo memastikan proses pengisian data secara online ini mudah untuk diikuti masyarakat.

"Tinggal mengikuti, menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di dalam laman sensus itu, " katanya.

Baca juga: Sensus Penduduk Dimulai 15 Februari, Ini Beda dari Sensus Sebelumnya

 

Tahapan pertama itu diperuntukkan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X