Langka karena Virus Corona, Mentan Jamin Stok Bawang Putih Aman

Kompas.com - 12/02/2020, 16:38 WIB
Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo saat panen raya padi di Nguling, Kabupaten Pasuruan, Rabu (12/2/2020). KOMPAS.COM/ANDI HARTIKMenteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo saat panen raya padi di Nguling, Kabupaten Pasuruan, Rabu (12/2/2020).

PASURUAN, KOMPAS.com – Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengatakan, kenaikan harga akibat kelangkaan bawang putih di sejumlah daerah seharusnya tak terjadi.

Sebab, stok nasional bawang putih masih mencukupi hingga tiga bulan ke depan.

Syahrul mengatakan, kelangkaan bawang putih disebabkan kepanikan pasar akibat mewabahnya virus corona di China.

"Sebenarnya potensi yang kita miliki cukup bertahan dua sampai tiga bulan ini, tanpa impor," kata Syahrul saat panen raya padi di Nguling, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Rabu (12/2/2020).

Baca juga: Pastikan Stok Aman, Khofifah Minta Distributor Tak Timbun Bawang Putih

Sebagai negara tropis, Indonesia memiliki keterbatasan dalam memproduksi bawang putih. Namun, Indonesia memiliki kekayaaan komoditas bawang lainnya, seperti bawang merah.

“Jadi bawang putih itu tanaman subtropis. Indonesia kan negara tropis sehingga kita butuhkan,” katanya.

Meski terdapat pembatasan aktivitas ekspor antara Indonesia dan China, ekspor dan impor komoditas holtikultura kedua negara tetap berjalan.

Sebab, virus corona tak menular melalui tumbuhan.

“Yang menjadi keseriusan kita melakukan bio security atau pengawasan yang ketat adalah hewan, yang lain tidak. Holtikultura tidak,” katanya.

Syahrul meminta publik tak lagi khawatir dengan ketersediaan bawang putih. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X