Sandiaga Harap Ketum Baru Bawa PAN Jadi Partai Kritis Konstruktif Ke Pemerintah

Kompas.com - 11/02/2020, 06:28 WIB
Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri pembukaan Kongres V PAN di Lapangan MTQ, Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin (10/2/2020) malam. KOMPAS.com/HaryantipuspasariWakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri pembukaan Kongres V PAN di Lapangan MTQ, Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin (10/2/2020) malam.

KENDARI, KOMPAS.com - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno mengatakan, empat kandidat calon ketua umum PAN periode 2020-2025 memiliki jam terbang yang tinggi di kancah perpolitikan Indonesia.

Sehingga, ia berharap, Ketua Umum PAN terpilih nantinya dapat membawa partai berlambang matahari putih itu menjadi partai yang kritis konstruktif dalam mengawal pemerintahan.

"Semoga terpilih ketua umum baru, yang bisa menjadi mitra yang kritis konstruktif kepada pemerintah dan kepada pembangunan kita, jadi PAN tentunya kita harapkan akan memainkan peran yang sentral ke depan," kata Sandiaga di Lapangan MTQ Tugu Persatuan, Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin (10/2/2020).

Baca juga: Zulkifli Hasan Buka Kongres V PAN Tanpa Dihadiri Amien Rais

Sandiaga juga menyampaikan ucapan terima kasih karena PAN telah konsisten mendukungnya di Pilpres 2019 yang lalu.

"Terima kasih karena selama ini PAN banyak memberikan dukungan kepada saya dan kepada perjuangan untuk demokrasi kita," ujarnya.

Lebih lanjut, Sandiaga mengatakan, tak ingin mencampuri urusan internal PAN terkait pemilihan ketua umum.

Namun, ia menyakini bahwa PAN dapat melakukan transformasi politik ke depannya.

Baca juga: Sandiaga Uno Hadiri Kongres V PAN di Kendari Sulawesi Tenggara

"Tentunya rumusan dari hasil kongres saya tidak ingin ikut dalam masalah internal partai. Tapi tentunya masyarakat Indonesia masih sangat ingat reformasi yang memulai itu PAN, jadi transformasi politik ke depan dari PAN ditunggu oleh masyarakat," pungkasnya.

Adapun Sandiaga menjadi salah satu tamu yang hadir di acara pembukaan Kongres V PAN.

Kedatangan Sandiaga langsung disambut hangat oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, calon ketua umum PAN Asman Abnur, Drajad Wibowo hingga politisi senior PAN seperti Hatta Rajasa dan Soetrisno Bachir.

Baca juga: Kericuhan Jelang Kongres PAN yang Kembali Terulang…

Sementara itu, Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais dan calon ketua umum PAN Mulfachri Harahap tidak hadir dalam pembukaan Kongres V PAN tersebut.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengatakan, Amien Rais berhalangan hadir dalam acara pembukaan Kongres V PAN, karena sedang menggelar rapat penting.

Menurut Zulkifli, Amien tetap meminta acara yang pembukaan Kongres V PAN tetap berlangsung.

"Yang kita muliakan Ketua Dewan Kehormatan Amien Rais yang baru saja menyampaikan satu jam yang lalu ke mas Eko (Ketua OC Kongres PAN) sedang rapat penting, semoga bisa hadir. Namun, kalau tidak, acara bisa tetap dilanjutkan," kata Zulkifli dalam pidato sambutannya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X