21 WNI dari China Pulang ke Indonesia, Tak Dikarantina di Natuna

Kompas.com - 10/02/2020, 17:13 WIB
Pelaksana Tugas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah. Kompas.com/SABRINA ASRILPelaksana Tugas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah.
Penulis Ihsanuddin
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaksana Tugas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah menyebut ada 21 warga negara Indonesia di China yang kembali ke Tanah Air dan akan tiba pada Senin (10/2/2020) sore ini.

Namun Faizasyah memastikan semua WNI tersebut dalam keadaan sehat dan tak terinfeksi virus corona.

"Perlu saya garisbawahi mereka juga sebelum kembali ke tanah air sudah menjalani proses pemeriksaan di Tiongkok," kata Faizasyah di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (10/2/2020).

Baca juga: Terkait Wabah Virus Corona, Menko PMK Sebut Ada 4 Pemda yang Pulangkan WNI Tanpa Koordinasi

 

"Hasilnya adalah sehat dan akan disertakan surat keterangan sehat," kata dia.

Faizasyah juga menyebut, ke-21 WNI itu berasal dari luar wilayah provinsi Hubei yang diisolasi karena virus Corona. Oleh karena itu, mereka tidak diperlakukan seperti WNI dari Hubei yang sudah lebih dulu dipulangkan.

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Anung Sugihantono membenarkan bahwa ke-21 WNI yang pulang itu tak akan dikarantina di Natuna.

Baca juga: Kemenkes Sudah Teliti 59 Spesimen Pasien, Semua Negatif Corona

 

Menurut dia, petugas Kemenkes hanya akan melakukan pengecekan kesehatan di masing-masing Bandara tempat mereka tiba.

"Kami sudah mendapatkan 21 nama yang akan pulang itu kita sudah siapkan teman-teman di daerah untuk kemudian nantinya melakukan (pengecekan)," kata Anung.

"Kita sampaikan kepada teman-teman di daerah untuk dilakukan edukasi sekaligus juga diberi akses kemudahan seandainya di dalam masa 14 hari atau berapapun hari kedepan, ada keluhan-keluhan dari yang bersangkutan yang harus segera dapat direspon dengan pelayanan kesehatan," sambungnya. 


Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X