Antisipasi Virus Corona, Ma'ruf Amin Yakin China Paham RI Tak Bermaksud Rusak Hubungan

Kompas.com - 05/02/2020, 17:24 WIB
Wapres Maruf Amin saat melayat ke kediaman Gus Sholah di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Senin (3/2/2020). Dok. KIP/SetwapresWapres Maruf Amin saat melayat ke kediaman Gus Sholah di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Senin (3/2/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, kebijakan Pemerintah Indonesia untuk menutup penerbangan dari dan ke China terkait wabah virus corona bukan untuk merusak hubungan dengan negara tersebut.

Menurut Ma'ruf Amin, langkah yang sama juga telah diambil oleh negara lain karena tak ingin ada dampak terkait penyebaran virus corona.

"China juga memahami, kan bukan hanya Indonesia, semua negara-negara lain juga mengambil langkah yang sama (menutup penerbangan). Bukan karena ingin merusak hubungan," ujar Ma'ruf Amin di Kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Rabu (5/2/2020).

Menurut Ma'ruf, China juga pasti tidak menginginkan kalau virus corona yang sedang mewabah di salah satu provinsi di negara tersebut menyebar ke berbagai negara lain.

Baca juga: Prabowo Minta Maaf Tak Bisa Sentuh WNI dari China di Natuna

Apalagi, di wilayah terkena wabah juga sudah dilarang orang yang keluar maupun masuk ke sana.

Ini termasuk wacana penghentian impor barang-barang dari China.

Ma'ruf Amin memastikan hanya impor hewan hidup saja yang dihentikan dari Negeri Tirai Bambu tersebut.

"Yang lainnya mungkin masih, yang tidak memberi dampak itu masih (diimpor). Untuk sementara itu (penghentian impor). Kalau keadannya normal ya tak masalah. Kita tentu ingin menjaga supaya tak berdampak pada masyarakat kita," ujar Ma'ruf.

Oleh karena itu, Ma'ruf pun berharap China bisa sama-sama memahami dengan langkah yang diambil oleh Indonesia.

Baca juga: Istana Pastikan RI Tetap Impor Barang China Kecuali Hewan Hidup

Indonesia sendiri saat ini telah menutup penerbangan dari dan ke China terkait dengan wabah virus corona.

Halaman:
Baca tentang


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X