BNPB Akui Tak Bisa Sendirian dalam Penanggulangan Bencana

Kompas.com - 03/02/2020, 10:05 WIB
Kepala BNPB Doni Munardo saat ditemuidi Kantor Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (23/1/2020). KOMPAS.com/Deti Mega PurnamasariKepala BNPB Doni Munardo saat ditemuidi Kantor Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (23/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) mengajak sejumlah pihak untuk menanggulangi bencana di Tanah Air.

Pihak yang dimaksud merujuk pada pemerintah, akademisi, dunia usaha, masyarakat, dan media massa.

Hal itu disampaikan Kepala BNPB Doni Monardo saat memberikan sambutan di Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (Rakornas PB) 2020 di Sentul, Bogor, Jawa Barat, pada Senin (3/1/2020).

"Urusan penyelenggaran penanggulangan bencana tidak dapat dilakukan sendiri, tetapi oleh segenap komponen bangsa, baik pada pra, saat, dan pascabencana," ungkap Kepala BNPB Doni Monardo melalui keterangan tertulis.

Baca juga: DPR Dahulukan RUU Penanggulangan Bencana Dibandingkan RUU PKS

Dalam acara yang sama, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyinggung soal pentingnya koordinasi dalam penanggulangan bencana.

Menurut dia, hal itu dilakukan melalui distribusi tugas dan kewenangan.

Setiap pihak yang terlibat, kata Muhadjir, harus bekerja sesuai peran dan tugas masing-masing.

Kemudian, Muhadjir juga mengingatkan bahwa letak Indonesia yang dilingkari Cincin Api Pasifik sehingga meningkatkan potensi bencana harus disyukuri.

"Ketika bangsa itu ada ujian, maka bangsa itu akan besar," ungkap Muhadjir dalan acara yang sama.

Baca juga: Tanggung Jawab Pemerintah dalam Penanggulangan Bencana

Rapat koordinasi tersebut diselenggarakan setiap tahun oleh BNPB.

Tujuannya, untuk berkoordinasi dengan pemda dan pihak lainnya dalam rangka merumuskan kebijakan serta strategi penanggulangan bencana di masa depan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X