Jenazah Gus Sholah Diberangkatkan ke Jawa Timur untuk Dimakamkan

Kompas.com - 03/02/2020, 09:14 WIB
Jenazah Gus Sholah Diberangkatkan Ke Bandara Halim Perdanakusuma dari kediamannya Jalan Bangka Raya, Tendean, Pela Mampang, Senin (3/2/2020). KOMPAS.com/HaryantipuspasariJenazah Gus Sholah Diberangkatkan Ke Bandara Halim Perdanakusuma dari kediamannya Jalan Bangka Raya, Tendean, Pela Mampang, Senin (3/2/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Jenazah tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Salahuddin Wahid atau Gus Sholah akan dimakamkan di Jombang, Jawa Timur. Jenazah Gus Sholah diberangkatkan dengan menggunakan pesawat melalui Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Putra Gus Sholah, Irfan Wahid mengatakan, lokasi pemakaman berada di Kompleks pemakaman Pesantren Tebuireng yang sudah jauh-jauh hari diminta oleh Gus Sholah kepada keluarga.

Selain itu, kompleks pemakaman di kawasan Pesantren Tebuireng itu juga diprioritaskan untuk para pengasuh pondok pesantren.

"Dipilihnya sudah lama dua tiga tahun sudah dipilih tempat itu, sudah dibuat rapi oleh Gus Sholah sendiri," kata Irfan di Jalan Bangka Raya, Tendean, Mela Mampang, Jakarta Selatan, Senin (3/2/2020)

"Karena yang boleh di situ kan cuma pengasuh pondok, enggak bisa semua orang, tempatnya VIP yang doain banyak," sambungnya.

Baca juga: Gus Sholah Wafat, Presiden Jokowi: Kita Kehilangan Sosok Cendikiawan Muslim

Lebih lanjut Irfan mengatakan, Gus Sholah sudah memiliki firasat akan kepergiannya. Ia mengatakan, firasat itu dirasakan Gus Sholah saat dirawat di rumah sakit.

"Waktu Bapak di rumah sakit sudah kelihatan, Bapak sudah merasakan. Orang-orang sudah pada datang, datang menyalamin saya, nyambut saya," ujar Irfan.

Sebelum jenazah diberangkatkan ke Bandara Halim Perdanakusuma, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid sempat memimpin doa keberangkatan.

Baca juga: Gus Sholah: Sosok Arsitek, Politisi, hingga Ulama...

KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah tutup usia di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Jakarta, setelah berjuang melawan sakit yang dideritanya.

Adik kandung dari Presiden keempat Abdurrahman Wahid atau Gus Dur meninggal dalam usia 77 tahun.

Setelah disemayamkan di rumah duka di Jalan Bangka Raya 2C, jenazah akan diberangkatkan ke Jawa Timur menggunakan pesawat Batik Air melalui Bandara Halim Perdanakusuma pukul 10.00 WIB.

Menurut rencana, jenazah akan disemayamkan di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur sebelum dimakamkan di lokasi yang sama.

Pria kelahiran Jombang pada 11 September 1942 itu merupakan anak dari KH Wahid Hasjim. Selain dikenal sebagai tokoh agama, Gus Sholah juga dikenal sebagai politisi, tokoh HAM, hingga arsitek.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X