PDI-P Tanam Bibit Pohon di Lahan Kritis Sungai Citarum

Kompas.com - 02/02/2020, 11:34 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menteri Sosial Juliari Batubara, dan Wali Kota Surabaya Tri Risma Harini di Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) Gambung, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (2/2/2020). KOMPAS.com/ACHMAD NASRUDIN YAHYAGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menteri Sosial Juliari Batubara, dan Wali Kota Surabaya Tri Risma Harini di Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) Gambung, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (2/2/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDI-P) menggelar penanaman ribuan pohon sekaligus penghijauan serentak secara nasional yang dipusatkan di Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) Gambung, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (2/2/2020).

Terdapat 222.220 bibit pohon yang ditanam serentak di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum.

"Ini merupakan gerakan menanam pohon sebanyak 222.020 pohon pada lahan kritis di sepanjang daerah aliran sungai Citarum dari hulu sampai hilir, yang meliputi 10 kabupaten, kota, 133 kecamatan dan 915 desa kelurahan," ujar Ketua DPD PDI-PP Jawa Barat Ono Surono di lokasi.

Baca juga: PDI-P Akan Keluarkan Surat Edaran Antisipasi Virus Corona untuk Kader

Bibit pohon yang ditanam meliputi 150 jenis pohon yang 89 pohon di antaranya merupakan endemik Indonesia dan sisanya pohon umum.

Bibit itu dibagikan kepada para kader dan ditanam di sejumlah daerah di Jawa Barat, di antaranya Sumedang, Cimahi, Kota Bandung, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bandung Barat.

Ono mengatakan, jumlah bibit pohon yang ditanam akan mampu merehabilitasi 25 persen dari seluruh lahan kritis di sepanjang DAS Citarum.

Dia mengatakan, konsep gotong-royong menjadi poin penting dalam kegiatan tersebut.

Selain itu, kegiatan tersebut juga ditanam di 17 kabupaten dan kota lainnya sebanyak 24 ribu bibit pohon di luar Sungai Citarum.

"Kami lakukan secara gotong-royong yaitu dengan menggerakkan seluruh kader PDI-P se-Jawa Barat yang melibatkan masyarakat serta penggiat lingkungan dalam rangka memastikan gerakan ini berkelanjutan," kata dia.

Baca juga: PDI-P Yakin Ahli Kesehatan Indonesia Mampu Tangani WNI yang Dievakuasi dari China

Dalam kegiatan penanam pohon tersebut, hadir Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menteri Sosial Juliari Batubara, dan Wali Kota Surabaya Tri Risma Harini.

Selain itu juga dihadiri Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto yang diikuti sejumlah teras PDI-P lainnya.

Antara lain Ketua Bidang Keanggotaan dan Organisasi Sukur Nababan, Ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi Djarot Saiful Hidayat.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X