250 WNI yang akan Dievakuasi dari Hubei Diyakini Dalam Kondisi Sehat

Kompas.com - 01/02/2020, 13:03 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melepas tim evakuasi WNI di Wuhan, Hubei, China. Acara pelepasan digelar di Terminal I VIP Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (1/2/2020). KOMPAS.com/IhsanuddinMenteri Luar Negeri Retno Marsudi melepas tim evakuasi WNI di Wuhan, Hubei, China. Acara pelepasan digelar di Terminal I VIP Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (1/2/2020).

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mendapatkan informasi sebanyak 250 warga negara Indonesia ( WNI) yang akan dievakuasi dari Provinsi Hubei, China, dalam keadaan sehat.

"Semalam saya berkomunikasi dan terus mendapatkan laporan bahwa kondisi saudara-saudara kita (di Provinsi Hubei) dalam keadaan sehat," ujar Menlu Retno di Bandar Udara Internasional Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Sabtu (1/2/2020).

"Mereka senang akan pulang ke Tanah Air," lanjut dia.

Baca juga: Dipulangkan, Ratusan WNI dari Wuhan Akan Dikarantina Selama 2 Minggu

Kepastian itu didapatkan dari Tim Aju yang bertugas memastikan kesehatan WNI di Hubei, beberapa waktu terakhir.

"Sebelum keberangkatan mereka (ke Indonesia) itu, ada serangkaian pemeriksaan kesehatan dilakukan untuk memastikan bahwa mereka dalam kondisi sehat," ujar Menlu Retno Marsudi.

Rencananya, seluruh WNI yang dievakuasi akan dibawa masuk ke Tanah Air melalui Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau.

Setelah itu, mereka akan dibawa ke Pulau Natuna untuk diobservasi kesehatannya selama sekitar 14 hari.

Dalam kurun waktu itu akan dilihat apakah WNI itu terjangkit virus corona atau tidak. Apabila tidak, maka akan dipersilakan kembali ke keluarganya masing-masing.

Baca juga: Jumlah WNI yang Dievakuasi dari Wuhan Sebanyak 250 Orang

Menlu Retno Marsudi menekankan, karena ini bukan situasi yang normal, maka kedisiplinan seluruh pihak yang terlibat di dalam evakuasi ini sangat dipedomani.

"Kedisiplinan ini dilakukan termasuk saat penjemputan, perjalanan, ketibaan, kemudian setelah ketibaan," lanjut Menlu Retno.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X