Kemenlu: Pemerintah China Siap Fasilitasi Pemulangan WNI

Kompas.com - 30/01/2020, 19:07 WIB
Simulasi penanganan wabah virus Corona di Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Kamis (30/01/2020). KOMPAS.com/RISKA FARASONALIASimulasi penanganan wabah virus Corona di Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Kamis (30/01/2020).
Penulis Ihsanuddin
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pihak Kementrian Luar Negeri menyebut, Pemerintah China sudah siap memfasilitasi pemulangan WNI dari wilayah terdampak virus Novel Corona (nCov), Provinsi Hubei ke Indonesia.

"Pemerintah RRT siap memfasilitasi pemulangan WNI," kata Kemenlu dalam siaran pers resmi, Kamis (30/1/2020).

Kemenlu menyebut, Pemerintah RI juga sudah siap memulangkan WNI dalam waktu dekat. Ini sesuai instruksi dari Presiden Jokowi.

Baca juga: Hoaks Bawang Putih Sembuhkan Virus Corona, Kemenkes Imbau Publik Waspada

Namun, Kemenlu belum memastikan kapan pesawat yang akan mengevakuasi WNI diberangkatkan.

Saat ini, sedang dimatangkan kesiapan di dalam negeri.

"Dan memastikan pengelolaan logistik pemindahan WNI dari 7 titik di Provinsi Hubei ke tempat penjemputan, sebelum pesawat tiba di lokasi penjemputan (Bandara di Wuhan). Hal ini diperlukan agar tidak ada hambatan saat proses pemulangan diaktifkan," ucap pihak Kemenlu.

Kemenlu menyebut Tim KBRI Beijing sudah berada di dekat wilayah terdampak untuk membantu fasilitasi proses tersebut di lapangan.

KBRI telah meminta para WNI di Hubei untuk menyiapkan dokumen perjalanan dan administratif lainnya.

Baca juga: Kemenkes Ungkap Jenis-jenis Corona yang Ada di Indonesia

Kementerian Luar Negeri RI bekerja sama dengan berbagai instansi terkait di dalam negeri antara lain TNI, Kementerian Kesehatan, dan Imigrasi dalam proses ini.

"Tugas utama Kementerian Luar Negeri RI adalah untuk memudahkan penjemputan dan membawa para WNI ke Tanah Air. Di dalam negeri, instansi terkait lain yang akan memfasilitasi sesuai tugas pokok dan fungsi mereka," demikian kata Kemenlu dalam rilisnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X