Jokowi: Insya Allah, Setelah 2020 Cekungan Bandung Tak Banjir Lagi

Kompas.com - 29/01/2020, 12:17 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Terowongan Nanjung, di Kabupaten Cimahi, Jawa Barat, Rabu (29/1/2020). Rosiana Haryanti/Kompas.comPresiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Terowongan Nanjung, di Kabupaten Cimahi, Jawa Barat, Rabu (29/1/2020).

BANDUNG, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo berharap sejumlah proyek di cekungan Bandung (Baleendah, Dayeuhkolot, Gedebage, Bojong Soang) bisa menolong kawasan tersebut tak lagi kena banjir.

Proyek-proyek tersebut di antaranya sodetan dan kolam retensi di Kabupaten Bandung serta terowongan air Nanjung yang baru selesai.

"Kalau ini (semua proyek) sudah bisa selesai, insya Allah setelah tahun 2020 ini banjir-banjir yang dulunya selalu terjadi di cekungan Bandung ini Insya Allah tidak terjadi pada tahun-tahun setelah 2020 ini," ujar Jokowi di terowongan Nanjung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (29/1/2020).

Baca juga: Jokowi Resmikan Terowongan Pengendali Banjir Bandung

Jokowi mengatakan, dengan adanya terowongan Nanjung, kini banjir di cekungan Bandung berkurang.

Hal itu terlihat dari jumlah korban banjir yang mengungsi dari 159.000 orang menjadi 77.000 orang.

Selain membangun terowongan air, sodetan, dan kolam retensi, pemerintah juga akan melakukan reboisasi dan revitalisasi di hulu sungai Citarum.

 

Baca juga: Jokowi Resmikan Terowongan Nanjung Bandung

Dengan demikian daerah aliran sungai bisa berfungsi optimal menyerap air.

"Saya titip agar yang namanya rehabilitasi lahan yang di atas Citarum, reboisasi, penghijauan juga kami kerjakan sekarang. Kalau ini rampung, baru kamk masuk ke hilir yang juga memerlukan perhatian," ujar Jokowi.

"Ini pekerjaan besar yang satu per satu kita selesaikan sehinga sekali lagi kita harapkan dengan selesainya di akhir 2020 ini. Ke depan banjir benar-benar bisa kita minimilisir di kawasan Bandung," lanjut Presiden.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X